Jokowi Klarifikasi, Deklarasi Golkar dan PAN Dukung Prabowo Bukan Urusan Presiden

Presiden Jokowi saat memberi keterangan pers di Istana Negara, Jakarta. (ist)
menitindonesia, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklarifikasi informasi yang mengait-ngaitkan deklarasi yang dilakukan Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) yang mendukung Prabowo Subianto sebagai Capres 2024. Jokowi mengatakan deklarasi capres adalah urusan partai-partai politik.
Meskipun Ketum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketum PAN Zulkifli Hasan adalah menterinya, Jokowi membantah jika ia pernah mengarahkan dukungan capres sebelum deklarasi itu digelar di Museum Proklamasi, Jakarta, Minggu (13/8), kemarin.
“Ndak ada komunikasi dengan mereka , ndak adam itu urusan mereka,” kata Jokowi di Istana Negara, Senin (14/8/2023).
BACA JUGA:
Museum dan Galeri Seni SBY-Ani di Pacitan, Diresmikan Pas Hari Proklamasi
Mengenai urusan capres, kata diam, itu merupakan urusan koalisi dan urusan kerjasama partai-partai di Pilpres. “Saya bukan ketua partai. Saya presiden,” ucap Jokowi.
BACA JUGA:
Ikuti Jalan Sehat Merdeka Anak Rakyat, Istri Buruh Harian Raih Hadiah Umroh
Seperti diketahui, Golkar dan PAN bergabung dengan koalisi Gerindra dan PKB. Sementara, PDIP dan PPP mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.
Dengan demikian, Jokowi menegaskan bahwa dirinya tidak akan mencampuri urusan partai-partai dalam menentukan capresnya. Ia pun memastikan, tidak ada yang berubah dengan koalisi dan menterinya. “Aman!” imbuhnya. (AE)