Andi Sudirman Resmikan Embung Agrowisata di Bone, Aliri Persawahan hingga Jadi Lokasi Wisata

Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman meresmikan Pembangunan Embung Agrowisata Pallae di Kabupaten Bone.
menitindonesia, BONE – Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman meresmikan Pembangunan Embung Agrowisata Pallae di Kabupaten Bone.
Hadirnya Embung Pallae ini dibangun dua tahap. Yakni tahun 2020 dan kemudian dilanjutkan di tahun 2022.
Pembangungan Embung Pallae terbagi menjadi 2 kolam, yakni kolam I (20,75 m x 49,55 x 3,5 m = 3.598 meter kubik) menjadi tampungan air baku dan sawah. Serta kolam II (20,75 m x 49,26 m x 3,5 m = 3.577 meter kubik menjadi kolam wisata.
Adapun Volume tampungan kolam sebesar kurang lebih 7.175 meter kubik.
Embung Agrowisata Pallae ini juga didukung dengan sarana dan prasarana lainnya, seperti gazebo, musalah, kursi taman, dan toilet.
Pada Embung ini juga ada bangunan perkuatan tebing berfungsi menahan tebing dari longsor dan menambah estetika disekitar kolam, saluran pembuang/pengantar dengan luas 27 meter berfungsi mengarahkan dan mengantarkan limpasan air kolam ke anak sungai, serta saluran pembawa/pengantar dengan luas penampang 1 m x 1 m dengan panjang 90 berfungsi mengarahman mata air ke areal persawahan.
“Kita harap dengan hadirnya Embung Agrowisata Pallae ini, bisa membantu petani dengan peningkatan produksi pertanian, sekaligus menjadi kunjungan Agrowisata bagi masyarakat,” tutur Gubernur Andi Sudirman Sulaiman. (*)