Meski Beda Pilihan dengan JK di Pilpres, Ganjar Tetap Sowan

FOTO: Ganjar temui JK di kediamannya.
menitindonesia, JAKARTA – Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo sowan ke Wapres RI ke 10 dan 12, Jusuf Kalla (JK) di kediamannya, Jalan Brawijaya Raya, Jakarta Selatan, Minggu (19/11/2023).
Ganjar tetap mengapresiasi sikap JK di Pilpres 2024 mendatang. JK, dikabarkan, menjadi pendukung capres nomor urut 1, Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar, meski posisi di belakang layar.
BACA JUGA:
Kantongi Hasil Survei, Prof Nurdin Halid Optimis Golkar Menang Besar Pemilu 2024 di Sulsel
“Saya mengapresiasi beliau. Tadi beliau sampaikan pilihan boleh beda,” kata Ganjar kepada wartawan usai melakukan pertemuan tertutup dengan JK.
Meski beda pilihan, namun Ganjar mengajak semua pihak agar menjaga persatuan di tahun politik. “Rasanya Pak JK beda pilihan dengan saya, tapi nanti (kalau masuk putaran kedua) kalau dukung saya juga boleh,” katanya. “Kalau kita beda, lima tahunan, kita selalu mempersatukan.”
BACA JUGA:
Pj Gubernur Bahtiar Berpesan Untuk Melakukan Pencegahan Kesehatan dengan Cara Berolahraga dan Edukasi
Mantan Gubernur Jawa Tengah itu, menuturkan, bahwa tadi dalam pertemuannya dengan JK, berdiskusi cukup banyak dengan JK mengenai kenegaraan.
“Kami diskusi panjang tentang negara ini. Saya belajar betul. Mudah-mudahan pemilunya lancar,” ujar dia.
Ganjar menambahkan, bahwa kedatangan ke rumah JK bersama Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid dan Ketum Perindo Harry Tanoe, hanya silaturahmi saja, bukan untuk mengajak JK gabung dengan TPN Ganjar-Mahfud. “Kita silaturahmi saja,” ujarnya.
Sementara itu, JK menegaskan, sebagai Ketua PMI, dirinya harus bersikap netral. “Jadi tidak bisa menjadi TPN. Bahwa masing-masing punya pilihan politis, ada hal-hal yang membatasinya,” ujar JK didampingi dua tokoh dari Sulsel, Prof Hamid Awaluddin dan Husain Abdullah. (AE)