Bank Sulselbar Imbau Waspadai Penipuan dengan Modus Begini

menitindonesia, MAKASSAR – Guna menghindari segala macam cara dilakukan pelaku yang tak bertanggungjawab melancarkan aksinya dengan modus penipuan mengatasnamakan Bank. Olehnya itu Bank Sulselbar mengimbau nasabah dan calon nasabah untuk mewaspadai modus penipuan yang mengatasnamakan bank tersebut.
Imbauan ini dilakukan Bank Sulselbar lantaran maraknya aksi penipuan dilakukan pelaku lewat media sosial seperti Whatsapp, Instagram serta web profil.
Berbagai keterangan korban penipuan dilakukan oknum pelaku, ia menggunakan data pribadi pegawai maupun pimpinan Bank untuk membuat akun palsu sembari akun palsu santer disebut akun tuyul tersebut kemudian digunakan untuk menghubungi nasabah atau calon nasabah dengan berbagai alasan.
Adapun alasan pelaku seperti menawarkan produk atau layanan, meminta verifikasi data, atau meminta transfer uang. Dari pihak Bank Sulselbar menegaskan jika pihaknya tidak pernah menghubungi nasabah atau calon nasabah melalui nomor telepon atau akun media sosial pribadi.
Apalagi meminta mereka untuk mengirimkan atau mentransfer sejumlah uang. “Kami mengimbau nasabah dan calon nasabah untuk berhati-hati terhadap modus penipuan seperti yang kami jelaskan ini.
“Nah jika Anda menerima pesan atau panggilan dari seseorang yang mengaku sebagai pegawai atau pimpinan Bank Sulselbar, segera hubungi Call Center Bank Sulselbar kami arahkan di nomor 0411-1500855 untuk memastikan kebenarannya,” ujar Kabag Humas Bank Sulselbar, Hartani.
Kendati demikian juga mengimbau agar nasabah dan calon nasabah untuk selalu menjaga kerahasiaan data pribadi, seperti nomor rekening, nomor kartu debit atau kredit, dan kode OTP. Data-data tersebut jangan pernah diberikan kepada orang lain, kecuali kepada pihak Bank Sulselbar yang resmi.
Untuk menghindari menjadi korban penipuan, nasabah dan calon nasabah dapat mengikuti tips berikut
– Jangan mudah percaya terhadap pesan atau panggilan dari seseorang yang mengaku sebagai pegawai atau pimpinan Bank Sulselbar.
– Cek kebenaran identitas dan keabsahan informasi yang disampaikan. -Jangan pernah memberikan data pribadi kepada orang lain, kecuali kepada pihak Bank Sulselbar yang resmi.
– Jika Anda merasa menjadi korban penipuan, segera laporkan kepada pihak kepolisian. Bank Sulselbar berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada nasabah. Untuk itu, Bank Sulselbar menghimbau nasabah dan calon nasabah untuk selalu waspada terhadap berbagai modus penipuan yang dapat merugikan. (*)