Kominfo Makassar Lindungi Pelajar dari Cyberbullying

menitindonesia, MAKASSAR – Ratusan guru SD dan SMP Kota Makassar dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan kehati-hatian dalam menggunakan teknologi di era serba digital mengikuti kampaye yang digelar Dinas Kominfo Kota Makassar melalui bidang persandian, di Hotel Aston, Jumat (15/12/2023)
Staf Ahli Wali Kota Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, Irwan Rusfiady Adnan hadir sekaligus membuka kegiatan ini. Dalam sambutannya mewakili Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, mengatakan, literasi keamanan siber untuk sekolah merupakan langkah yang sangat penting dalam mengedukasi siswa tentang keamanan online.
“Nantinya ketika penjahat siber sudah mengetahui identitas kita, maka akan mudahnya mereka untuk membobol alamat email, akun perbankan, dan lain-lainnya. Intinya adalah kita harus membatasi terkait informasi-informasi yang sifatnya sensitif di ruang siber,” ucapnya.
“Dengan memperkenalkan literasi keamanan siber di sekolah, kita dapat memberikan siswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang mereka butuhkan untuk menggunakan teknologi secara bertanggungjawab,” paparnya.
Termasuk mengajarkan mereka tentang pentingnya kata sandi yang kuat sambungnya, pengenalan phishing, pentingnya privasi online, bagaimana mengelola media sosial dengan bijak, dan cara melindungi diri dari cyberbullying.
Dikatakan, Irwan Rusfiady Adnan, melalui program literasi keamanan siber, pihaknya bisa memberikan contoh situasi nyata dan skenario yang relevan bagi peserta, serta mendorong diskusi terbuka tentang pengalaman mereka sendiri.
Dengan demikian, para pelajar dan guru dapat mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang risiko-risiko online dan cara mengelola mereka dengan bijak.

Keberhasilan hasil dari kegiatan ini juga tak luput dari kolaborasi dengan orang tua dan komunitas.

“Ini adalah investasi penting untuk melindungi siswa dan mempersiapkan mereka menghadapi tantangan digital masa depan. Melibatkan mereka dalam pendidikan keamanan siber akan membantu menciptakan lingkungan yang mendukung untuk siswa dalam menerapkan praktik keamanan online di rumah dan di luar sekolah,” tuturnya.
Pada kesempatan ini pula, Dinas Kominfo Kota Makassar menghadirkan dua pemateri yang ahli di bidang keamanan siber ini yakni Dr. Eng.Yuyun,S.Kom.,M.T., dan Dr. Eng. Hazriani, S.Kom.,M.T.
Pemateri melakukan teknik interaktif dan class room pada para peserta yang hadir dengan harapan para guru dan pelajar bisa lebih melek digital dan mereka tahu bahwa betapa pentingnya membatasi dalam membagikan informasi kepada orang lain seperti identitas diri, data perbankan, dan aktivitas sehari-hari. (*)