Lihat Potensi Pulau Sembilan Sinjai Cukup Luar Biasa, Pj Gubernur Bahtiar Tergeleng-Geleng, Ajak CSR Salurkan Bantuan

Foto : Kunjungan Pj Gubernur Bahtiar di Pulau Sembilan Kabupaten Sinjai
menitindonesia, SINJAI – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, berkunjung ke Kabupaten Sinjai. Namun sebelum bertolak ke Pulau sembilan Pj. Gubernur Sulsel dan isteri menyerahkan bibit cabai kepada Pj. Bupati Sinjai dan Pj Ketua TP PKK Sinjai.
Usai pemberian bibit cabai selanjutnya Bahtiar yang didampingi Ketua TP PKK Sulsel, Sofha Marwah yang merupakan istrinya menikmati panorama alam di Kecamatan Pulau Sembilan, Senin, (25/12/2023) .
Bahtiar seharian penuh berada di Pulau Larea-rea, salah satu objek wisata andalan Kabupaten Sinjai. Pulau ini ia banyak berdiskusi dengan Pj. Bupati Sinjai TR Fahsul Falah, dan Kadis PMD Sinjai, Yuhadi Samad.
Materi pembicaraan mereka seputar potensi Pulau Sembilan yang berada di Teluk Bone, teluk yang menjadi penghasil ikan terbesar di Sulawesi Selatan. Selain potensi perikanan, potensi pengembangan hutan mangrove di sepanjang pesisir Teluk Bone, utamanya Sinjai turut dibahas Pj Gubernur.
“Saya baru pertama kali sampai di pulau ini, dan melihat daerah ini memang potensinya luar biasa dan sumber perikanan kita di Sulawesi Selatan. Jadi kita itu tidak punya pulau yang cukup banyak, hanya ada di daerah Pangkep kemudian Bulukumba dan Selayar, dan khusus wilayah Teluk Bone ini yang terbesar pulaunya adalah Pulau Sembilan. Maka pulau ini harus kita jaga,” ucap Pj Gubernur Sulsel kepada wartawan di Pulau Larea-rea, menambahkan.
“Banyak kesuksesan yang sudah dilakukan oleh kawan-kawan kepala desa dan pak camat, juga pemerintah daerah, tetapi memang ada banyak hal yang mungkin harus dikerjakan oleh Pemprov dan pemerintah nasional. Bahkan perlu uluran tangan saudara kita yang punya kelebihan di forum-forum CSR. Kita harus lebih serius lagi untuk memberi perhatian supaya segala infrastruktur dasar, air minum, terutama penerangan, fasilitas kesehatan dan pendidikan terpenuhi di Pulau Sembilan,” pesan Pj Gubernur kelahiran Bone ini.
Bahtiar juga berterima kasih kepada Pj. Bupati Sinjai dan Bupati Bulukumba yang berkolaborasi mengedukasi masyarakat untuk menjaga potensi perikanan, dan hutan Bakau di pesisir Teluk Bone.
“Kami juga akan diskusikan agar bagaimana Sulawesi Selatan ini menjadi pusat budidaya untuk pengembangan pembibitan bakau. Agar bakau menjadi sumber penghasilan alternatif masyarakat setempat,” tandasnya.
Sementara itu, Pj Bupati Sinjai, TR Fahsul Falah, berterima kasih kepada Pj. Gubernur Sulsel yang telah berkunjung ke Kecamatan Pulau Sembilan, dan berbagi ide serta gagasan untuk mengembangkan potensi perikanan, pencegahan abrasi, serta budidaya mangrove di Teluk Bone, khususnya Pulau Sembilan. (*)