Tim Bantuan Medis Calcaneus FK Unhas Gelar Operasi Kemanusiaan di Masamba

Tim Bantuan Medis Unhas Aksi Kemanusiaan ke Lokasi Bencana, Masamba, Luwu Utara,

Unhas bergerak cepat ke lokasi bencana. TBM Fakultas Kedokteran menerjunkan tim medis, menyiapkan layanan kesehatan untuk warga korban bencana. Pasca bencana, rawan muncul penyaklit, sehingga dibutuhkan tim medis dan obat-obatan.

menitindonesia.com, MAKASSAR – Universitas Hasanuddin melalui Tim Bantuan Medis (TBM) Calcaneus Fakultas Kedokteran, melakukan operasi kemanusiaan untuk korban bencana banjir bandang yang melanda Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Tim ini, berada di lokasi bencana sejak Senin (13/07).

Dalam keterangannya pada Jum’at (17/7), Ketua TBM Calcaneus Unhas, Sahrul Fajar Perdana, bilang sejak musibah terjadi, TBM Calcaneus Unhas langsung menerjunkan anggota tim medis, membantu evakuasi dan memberi bantuan medis di lokasi bencana.

“Jumlah anggota yang turun ke lokasi bencana ada lima orang dari kampus, lima sudah di Masamba dan sisanya empat orang akan ketemu di Palopo untuk bersama sama ke lokasi. Logistik yang dibutuhkan seperti obat dan alat medis, disiapkan dalam sehari. Kami juga punya ruangan khusus penyimpanan logistik untuk operasional darurat,” ujar Sahrul.

Dalam kegiatan ini, TBM Calcaneus Unhas, ini di bawah naungan Fakultas Kedokteran Unhas, mendapatkan dukungan penuh dari pimpinan Fakultas. Hal ini dibuktikan dukungan proses birokrasi yang singkat sebelum anggota terjun ke lokasi bencana.

Lebih lanjut, Sahrul bilang, selama berada di lokasi, TBM Calcaneus Unhas melakukan koordinasi dengan tim medis lain, untuk mengetahui pembagian kerja guna mengoptimalkan bentuan medis dan kegiatan kemanusiaan yang dibutuhkan masyarakat.

“Disana tim melakukan koordinasi dengan IDI, BNPB Daerah, dan pemerintah setempat. Tim awal ini akan berada di lokasi hingga 4-7 hari ke depan. Setelah itu akan ada tim susulan untuk donasi dan tim medis tambahan yang disesuaikan dengan kebutuhan di sana,” sambung Sahrul.

Selain mengirimkan tim medis, TBM Calcaneus Unhas juga menyalurkan beberapa bantuan yang dibutuhkan, seperti pakaian, popok bayi, susu bayi dan beberapa donasi lainnya. “Sebagai kampus humaniversity, Unhas terlibat bersama elemen-elemen lain mengirimkan sejumlah bantuan bagi warga terdampak,” jelas Sahrul. (nabila-*/mir/rls)



TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini