Gubernur NA Pantau Lokasi Banjir Masamba Pakai Heli, Ditemani Kepala BNPB

Gubernur Sulawesi Selatan Profesor Nurdin Abdullah bersama Kepala BNPB Letjen TNI Doni Munardo. Usai mengunjungi lokasi bencana.

Guubernur NA, meninjau lokasi bencana Masamba melalui udara. Segera memprioritaskan bantuan untuk para korban.

menitindonesia.com, MAKASSAR – Bersama Kepala BNPB, Doni Munardo, Gubernur Sulawesi Selatan, Profesor Nurdin Abdullah (NA) mengunjungi wialayah bencana banjir dan longsor  di Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara.

Gubernur NA memantau dari udara  wilayah yang terdampak banjir bandang, di Luwu Utara. Gubernur juga memantau  pegunungan Lero  dan Mangarang, yang merupakan hulu sungai Masamba dari Sungai Ra’da.

Setelah mengunjungi lokasi bencana itu, Gubernur NA bilang, akan memperioritaskan penanganan pada masyarakat yang memerlukan bantuan dalam kondisi tanggap darurat ini, tempat pengungsian beserta penunjangnya, khususnya untuk ibu-ibu, Balita dan anak-anak, termasuk sanitasi dan fasilitas kebersihan lainnya.

Selain itu, mantan Bupati Bantaeng Dua Periode ini, juga akan memprioritaskan pemulihan fasilitas publik, termasuk jalan yang dapat digunakan kembali. “Kemarin, Kamis (16/7), Menteri PUPR juga telah melihat langsung lokasi yang terdampak, sehingga kita juga berharap, dapat segera diperbaiki, sesuai perintah Presiden Jokowi,” ujar Gubernur NA.

BNPB telah menyiapkan sebuah helikopter untuk mempermudah evakuasi dan penyaluran logistik di lokasi yang sulit dijangkau.

Gubernur NA bersama kepala BNPB, Letnan Jenderal TNI Doni Munardo, juga memantau kawasan pegunungan, di mana gunung tersebut merupakan jenis bebatuan yang relatif gampang longsor, khususnya saat curah hujan tinggi.

Sementara itu, Doni Munardo meminta, agar masyarakat yang berada di wilayah bantaran sungai, terutama kawasan yang padat penduduk, perlu segera dipikirkan mitigasinya, agar kejadian seperti yang menelang banyak korban jiwa dan harta benda ini, tidak terulang lagi. (tim bes)



TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini