Mufakat, Taufan Pawe Pimpin Golkar, Alasannya Dia Mau Jadi Gubernur

H. Taufan Pawe - Ketua DPD I Golkar Sulsel terpilih.

Musda Golkar Sulsel Selesai Empat kandidat bermufakat Taufan Pawe pimpin Golkar Sulsel. Bergesernya arah dukungan Erwin Aksa, mudahkan Taufan jadi Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel. Taufan dipersiapkan calon Gubernur Sulsel.  Aru jadi formatur dan sekaligus calon sekretaris Golkar Sulsel.

Laporan : Ahmad Mabbarani (Langsung dari arena Musda, Jakarta)

menitindonesia.com, JAKARTA – Walikota Pare-Pare H. Taufan Pawe, terpilih dengan cara mufakat sebagai Ketua Golkar Sulsel, periode 2020–2025, di kamar Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) H.A.M Nurdin Halid (NH), di lantai 15, The Sultan Hotel, Jakarta.

Hasil permufakatan di hadapan NH – yang juga segera mengakhiri tugasnya sebagai Ketua Golkar Sulsel – itu, diumumkan di hadapan peserta Musda yang menanti hasil negosiasi para kandidat. Peserta pun ada yang puas juga ada yang murung. Namun, mereka menerima apapun yang telah di putuskan di hadapan NH. Musda selesai, Jumat (7/8), malam.

Tanda-tanda terpilihnya TP dimulai ketika keluarnya surat diskresi kepada dirinya untuk melaju di pencalonan. Diskresi itu dikeluarkan Airlangga Hartarto, tanggal 6 Agustsu 2020,  beberapa jam sebelum Musda dibuka.

Diskresi jilid dua ini keluar berkat lobby kuat Erwin Aksa dan Rizal Mallarangeng yang sepekan terakhir eksis menyokong Taufan.

Semula, Taufan Pawe dianggap tak memenuhi syarat calon ketua sesuai juklak Nomor 02 yang dibuat oleh Airlangga Hartarto. Tapi setelah mendapatkan diskresi jilid dua, maka Taufan pun berhak menjadi calon dan dimufakti para calon ketua.

Upaya NH berhasil mengamankan pesan Airlangga agar penentuan ketua diakhiri dengan cara mufakat. Empat kandidat akhirnya memutuskan mempercayakan posisi Ketua Golkar Sulsel kepada Taufan Pawe.

Salah satu faktor yang membuat Taufan mulus terpilih karena syarat DPP yang mengharuskan ketua Golkar Sulsel maju dalam Pilkada Gubernur Sulsel 2023, entah sebagai Gubernur atau Wakil Gubernur.

Di hadapan peserta Musda, Supriansa bicara, jika para kandidat telah bermufakat menunjuk Taufan Pawe sebagai Ketua Golkar Sulsel. Musda Golkar selesai.

Farouk Mapaselling Beta alias Aru menjadi salah satu formatur yang akan mendampingi Taufan Pawe menyusun formasi Pengurus DPD I Partai Golkar, sekaligus disebut-sebut sebagai calon sekretaris umum, nanti. (andiesse – ahmad)

 



TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini