Rivaldi Sukses Membajak Karakter SYL, Kini Jadi Politisi Milineal dan Idola Anak Muda Makassar

Muhammad Rivaldi - Sukses membajak gaya Syahrul Yasin Limpo.
Tokoh Milineal Makassar Muhammad Rivaldi adalah nama yang tak asing lagi di kalangan anak muda kota Makassar. Usianya masih belia, tapi ia lihai bermain politik. Sempat jadi bakal calon, kini ia bersama gengnya menjadi tim sukses Danny-Fatma.
menitindonesia.com, MAKASSAR – Muhammad Rivaldi, memang fenomenal. Anak muda yang kerap dipanggil oleh rekannya MR (akronim nama Muhammad Rivaldi) itu, lahir 3Januari 1994, di Desa Sanrego, Bone Selatan, Kabupaten Bone.
Putra sulung pasangan Yusnaidi dan Hj Andi Dahriah itu, pertama kali muncul saat menjuarai Kontes Orasi Mirip Syahrul Yasin Limpo (SYL). Rivaldi juara dalam kontes tersebut. Talentanya, sungguh mirip komandan SYL. Bahkan penampilan Rivaldi persis menyamai style SYL.
Rivaldi saat menjadi juara kontes orasi mirip SYL
“Saya pelajari gaya dan cara SYL berjalan, bersalaman, bertutur kata dan cara menyapa orang. Setiap SYL berpidato, saya juga datang menyimak dan mempelajari cara berpidatonya. Bagi saya, SYL itu adalah idola,” ujar Rivaldi.
Dengan karakter dan stylenya yang elegan, Rivaldi menembus pergaulan para elit di Sulawesi Selatan. Ia percaya diri berada di antara para elit. Ia pun kerap di ruang kerja walikota, atau ke ruang kerja gubernur. Rivaldi tak hanya seorang yang mirip SYL, tapi dia juga seorang pemikir yang memiliki gagasan original.
Percaya dirinya tinggi: tak risih menemui petinggi atau pemimpin atau tokoh di daerah. Setiap saat ia menggunakan pakaian yang rapih: setelan jas warna hitam model junkies, dan selalu ada dua pulpen merek parker (KW2, red) di kantong jasnya.
Rivaldi kerap mendampingi SYL dalam berbagai aktifitasnya. Lewat kedekatannya dengan SYL, Rivaldi mengaku banyak belajar tentang karakter kepemimpinan Bugis-Makassar. Diam-diam, cara SYL pun berpolitik, ia tiru.
Menggalang anak muda Makassar, membentuk Geng yang dinamakannya “Sahabat dan Kerabat MR”. Gengnya itu, ia pimpin langsung sebagai Ketua Umum.
Rivaldi bilang, gengnya, Sahabat dan Kerabat MR adalah wadah bagi anak muda yang memiliki gagasan yang sama. “Kami saling menginspirasi dan bekerjasama memperjuangkan gagasan-gagasan yang sama,” kata Rivaldi.
Lanjut, Rivaldi bilang, dalam komunitasnya itu, ia sering mengajarkan kepemimpinan yang didapatkannya langsung dari SYL. Ia mengaku selalu menekankan kepada gengnya, bahwa pemimpin harus bisa menjadi motivator, mampu menggerakkan pikiran orang untuk melakukan sesuatu yang baik.
Geng Rivaldi pun sering membuat meme kreatif dengan foto Rivaldi. Meme yang berisi motivasi itu, disebar ke sosmed dan diviralkan. Popularitas Rivaldi melonjak. Ia terkenal. Nyaris semua group Whats App di Makassar sering mengunggah meme dengan foto Rivaldi.
Tak heran, ia didekati politikus Partai Amanat Nasional, Jabal Nur. Rivaldi diajak bertandem mengincar kursi Walikota dan Wakil Wali Kota Makassar pada Pilwali 2020. Akhirnya, mereka berdua berpasangan dengan tagline “Panjari”. Pasangan ini menempuh jalur perseorangan.
Sebagai bakal calon walikota, Rivaldi bergerak bersama gengnya: sosialisasi, keluar masuk lorong menyalami warga. “Hampir setahun lebih kami blusukan. meminta dukungan KTP dan mengajak warga mendukung gagasan Panjari,” ujar pria berkumis tipis itu.
Namun, di tengah jalan, tiba-tiba Rivaldi berhenti. “Kami harus realistis, belum saatnya  merebut kekuasaan. Kami tidak memiliki logistik yang cukup mengikuti tahapan selanjutnya,” ujar Rivaldi.
Setelah Rivaldi memutuskan tidak maju, akhirnya dia menggiring Sahabat & Kerabat MR mendukung Danny Pomanto dan Fatmawati Rusdi di Pilwali 2020.
Ia menilai, Danny-Fatma orang baik. “Pasangan Danny-Fatma memiliki niat baik dan gagasan yang tepat untuk kondisi Makassar saat ini. Sekarang Sahabat dan Kerabat MR telah menjadi bagian dari perjuangan Danny-Fatma,” terang Rivaldi. (Muh Ito Rifai)


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini