Berlakukan Jam Malam, Walikota Makassar Diserang Meme ‘Amba’Rata’

Penjabat Walikota Makassar, Prof Rudy Djamaluddin - diprotes warga melalui meme yang viral. (Foto: Istimewa)
Dianggap salah arah – Kebijakan Walikota Makassar memberlakukan jam malam dianggap salah sasaran. “Itu virus pak, siapa tau tidak kita tau, tidak menular jam 7 malam ke atasji, biar pagi bisaji, siang juga bisa pak, siapa tau kita ndak tau to,” tulis meme yang ditujukan ke Plt Walikota Prof Rudy DJamaluddin.
menitindonesia, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar telah memberlakukan jam malam sejak Kamis 24 Desember 2020 sampai 3 Januari 2021.
Jam malam ini untuk pencegahan dan pengendalian Covid-19 yang semakin meningkat penularannya di Kota Makassar. Warga Makassar dilarang beraktifitas di malam hari karena berpotensi menularkan Covid-19.
Setelah Pukul 19.00 Wita, warga Makassar dihimbau untuk tidak berkerumun atau nongkrong ditempat umum. Penjabat Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin menegaskan hal itu dengan menerbitkan surat edaran nomor: 003.02/431/S.Edar/Kesbangpol/XII/2020.
“Kita prihatin melihat naiknya angka yang yang terpapar Covid-19 sejak tiga minggu terakhir. Selain karena efek Pilkada, juga diakibatkan aktivitas ekonomi masyarakat yang terus meningkat, namun tidak dibarengi dengan pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat,” kata Rudy.
Keputusan walikota tersebut, dianggap tidak tepat, khususnya oleh pedagang kaki lima yang mencari nafkah pada malam hari.
Walikota pun diserang meme yang beredar di linimasa sosial media, dan group-group WhatsApp. Meme itu berupa surat terbuka yang ditujukan kepada Walikota Makassar, Prof Rudy Djamaluddin.
“Aturan jam malam tidak bisa diamba’rata, pak. beberapa usaha kecil baru bangkit lagi setelah dihantam pandemi. Itu virus pak, siapa tau tidak kita tau, tidak menular jam 7 malam ke atas ji, biar pagi bisaji, siang juga bisa pak, siapa tau kita ndak tau toh,” ujar meme yang viral itu.
Meme dear @Rudy Jamaludin itu, juga menjelaskan, point aturan jam malam itu tidak ada gunanya di pagi hari saat jam operasional berjalan seperti biasa dan tidak diawasi oleh satuan tugas.
“Aturan jam malam mungkin sedikit membantu kerja satuan tugas tapi juga membunuh puluhan bahkan ratusan UMKM yang baru kembali bangkit,” kata meme.
Juga dijelaskan, bahwa paling terpukul terhadap pemberlakuan jam malam adalah penjual terang bulan, penjual nasi kuning begadang, pejual pisang epe dan beberapa lagi usaha kecil lainnya yang selama ini jam operasionalnya di malam hari.
“Kalau tidak berpotensi ji kodong menimbulkan kerumunan banyak, pikirki lagi pak himbauan jam malam ta’, janganki amba’rataki, masa yang beginian juga mauki diajari, walikota ki itu kaue,” protes warga dalam meme dear @rudy_djamaluddin itu. #adezakaria