Jadikan Sulsel Lumbung Daging, Gubernur Ajak Perseroda Gandeng Widodo Group

Gubernur targetkan Sulsel sebagai salah satu daerah penghasil daging ternak. )Foto: Ist)
Swasembada Daging – Seko, Luwu Utara bakal jadi daerah penyuplai daging. Sekitar 5000 ha lahan akan dijadikan pusat pengembangan ternak sapi. “Perseroda sudah deal dengan Widodo Group. Tahun ini rencananya akan dimulai,” kata Ir Taufik Fachruddin.
Dirut PT SCI Perseroda Ir. Taufik Fachruddin, Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah, dan Owner PT Widodo Sumber Makmur, Tumiyono. – Meeting bersama dalam rangka pengembangan ternak di Sulsel, di Jakarta, Sabtu 6 Februari 2021. (Foto: Ist_Menit)
menitindonesia, JAKARTA – Gubernur Sulawesi Selatan Prof Dr Ir HM Nudin Abdullah, M.Agr melakukan pengembangan peternakan sapi di Sulawesi Selatan. Untuk melancarkan rencana tersebut, Gubernur mengajak Direktur Utama PT Sulsel Citra Indonesia Perseroda bertemu owner PT Widodo Makmur Unggas, di Jakarta, Sabtu (6/2/2021), kemarin.
Hasilnya, pada pertemuan tersebut, PT SCI Perseroda dan Widodo Group bersepakat mengembangkan ternak sapi, ternak ayam, ternak unggas dan sekaligus mengintegrasikan dengan penanaman jagung untuk kebutuhan pakan ternak.
“Perseroda sudah bicara dengan bos Widodo Group, Pak Tumiyono, kami sepakat akan bekerjasama mengembangkan ternak sapi, ayam dan unggas, juga sekaligus penanaman jagungnya untuk diolah jadi pakan ternak,” kata Ir Taufik Fachruddin, di Jakarta, Sabtu (6/2/2021), kemarin.
Pengembangan Agro Industri di Sulsel, lanjut Taufik, akan terintegrasi dengan peternakan sapi, peternakan ayam dan penanaman jagung untuk produksi dan olahan.
Taufik juga menjelaskan, bahwa Gubernur NA (akronim nama Nurdin Abdullah) menunjuk Kecamatan Seko, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, sebagai daerah pengembangan ternak.
Gubernur NA berkeinginan menjadikan Sulsel sebagai salah satu daerah lumbung daging di Indonesia, dan khusus untuk pengelolaannya, kata Taufik, PT SCI Perseroda Sulsel bersama Pemprov Sulsel menyediakan lahan sekitar 5.000 haktar, dan dipusatkan di Kecamatan Seko, Luwu Utara
Untuk mempercepat rencana tersebut, lewat Pemprov Sulsel akan menyelesaikan Infrastruktur menuju lahan peternakan sapi di Kecamatan Seko, Kabupaten Luwu Utara.
“Kami akan memulai tahun ini persiapan pembangunan Infrastruktur dan kesiapan awal lain. Terkhusus legal standing terkait 5.000 haktar lahan, Pak Gubernur menyarankan dipilih Kecamatan Seko sebagai tempat pengembangan,” ujar Taufik.
Dalam melaksanakan rencana tersebut, lanjut Taufik, PT SCI Perseroda dan Widodo Group, akan melibatkan sedikitnya ada 7 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain, baik di lingkup Pemprov Sulsel maupun di kabupaten Lutra dan daerah lainnya.
“Pasti kita akan bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat dengan melibatkan OPD, baik di Pemprof maupun di Lutra dan daerah lainnya nanti,” ujar Taufik. (andi esse)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini