Hari Pertama Bupati Maros, Chaidir Syam Kunjungi Kebun Sayur

Bupati Maros awali kerja pertama dengan kunjungan kerja ke kebun hidroponik. (Foto: Ist_menit)
menitindonesia, MAROS – Hari pertama bekerja setelah dilantik sebagai Bupati Maros, Chaidir Syam memulai pekerjaannya dengan mengunjungi kebun sayur (hidroponik) selada dan pakcoy, di Desa Kurusumange, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros, Senin (1/3/2021).
Chaidir Syam mengatakan, kunjungan kerja pertamanya sebagai Bupati Maros ke kebun sayur hidroponik milik salah satu warga, karena ia menilai kebun hidroponik merupakan salah satu inovasi warga yang keren dan harus diberi perhatian oleh Pemkab Maros.
“Saya berharap kepada Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan, agar mengembangkan sayuran hidroponik ini sebagai program untuk masyarakat,” kata Chaidir Syam
Ia menambahkan, Dinas Pertanian harus mempunyai formula khusus untuk terus mensosialisasikan dan mengajak masyarakat memanfaatkan pekarangan dalam mengembangkan sayuran hidroponik.
“Jenis perkebunan hidroponik tidak memerlukan lahan yang luas, dari segi biaya juga sedikit dan pemeliharaanya cukup sederhana,” ucapnya.
Menurutnya, hidroponik dapat diartikan sebagai suatu pengerjaan atau pengelolaan air sebagai media tumbuh tanaman tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam dan mengambil unsur hara mineral yang dibutuhkan dari larutan nutrisi yang dilarutkan dalam air.
“Jadi ini teknik penanaman dengan media non-tanah, bisa berupa kerikil, pasir kasar, atau sabut kelapa. Sebenarnya hidroponik sudah dikenal sejak lama, akan tetapi baru terbatas dalam pertanian,” kata Chaidir.
Selain itu, kata dia, hal yang paling menyenangkan bagi orang-orang yang memiliki hobi hidroponik adalah mereka dapat memakan sayuran atau buah-buahan segar dan sehat yang mereka tanam sendiri.
“Kita mau mendorong warga membuat kebun hidroponik, lebih massif, untuk memberi nilai tambah di masa krisis pandemi Covid-19,” pungkasnya. (indra sadli pratama)


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini