Canangkan Program Gerbang Sehati, Bupati Maros Hadirkan Layanan Kesehatan Hingga ke Desa-Desa

Bupati Maros HAS Chaidir Syam. (Foto: Ist)
menitindonesia, MAROS – Bupati Maros HAS Chaidir Syam mencanangkan programnnya “Gerakan Membangun Desa Tangguh, Sehat dan Invatif” atau “Gerbang Sehati” di Gedung Baruga B, kantor Bupati Maros, Rabu (17/3/2021).
Pencanangan “Gerbang Sehati” tersebut, dirangkaikan peringatan hari ulang tahun (HUT) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).
Progaram “Gerbang Sehati” yang dicetuskan itu, kata Chaidir, Pemkab akan menempatkan 2 perawat di setiap Desa di seluruh wilayah Kabupaten Maros.
Chaidir berharap, dengan adanya program tersebut, akan menghadirkan pelayanan kesehatan yang lebih dekat dengan seluruh warga Kabupaten Maros yang kurang sehat.
“Jika warga harus mendapatkan perawatan intensif, perawat-perawat inilah yang akan berkoordinasi dengan Puskesmas setempat untuk mendapatkan pertolongan medis,” kata Chaidir.
Sementara itu, Wakil Bupati Maros Hj Suhartina Bohari yang turut hadir dalam acara HUT PPNI tersebut mengatakan, Kabupaten Maros terdapat 80 Desa dan 23 Kelurahan dari 14 Kecamatan yang, harus mendapatkan prioritas pelayanan kesehatan. Sehingga, kata dia, Program “Gerbang Sehati” bertujuan agar pemerintah selalu hadir saat warga membutuhkan pelayanan medis.
“Kami tidak menginginkan ada warga di pedesaan yang sakit dan tidak mendapatkan perawatan medis, karena itu, Pemkab membuat program ini, agar semua desa, terutama di Desa terpencil kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat tetap terpenuhi,” ujar Suhartina.
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Maros Ny Ulfiah Chaidir yang turut hadir mendampingi Bupati Maros, mengapresiasi program Gerbang Sehati, sebagai salah satu program yang bermanfaat.
“Ini bagus, sebab di Desa, kesehatan ibu hamil akan terperhatikan dengan adanya perawat yang ditempatkan di semua Desa. Kalau kesehatan ibu hamil diperhatikan, juga akan melahirkan bayi yang sehat dan kelak bayi itu menjadi generasi sehat dan bermanfaat bagi masyarakat,” pungkas Ulfiah Chaidir.
Acara tersebut juga dihadiri oleh Anggota DPRD Sulsel, Andi Muhammad Irfan AB, Plh Kepala Dinas Kesehatan, Muhammad Yunus, Ketua DPD PPNI Maros, Hasan Rahim. (roma)


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini