Ketua DPRD Sulsel: PWI di Era Kepemimpinan Agus Salim Berhasil Jaga Citra dan Martabat Wartawan di Sulsel

Ketua DPRD Sulsel bersama Ketua PWI Sulsel dan jajaran Pengurus. (Foto: Ist)
menitindonesia, MAKASSAR – Menjelang pelantikan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulsel periode 2021-2026 yang akan berlangsung di Hotel Claro pada Sabtu, 10 April 2021, Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari, menyampaikan kesediaanya menghadiri acara pelantikan tersebut.
Andi Ina berharap, PWI Sulsel di bawah kepemimpinan HM Agus Salim Alwi Hamu, semakin maju. Bahkan, kata dia, selama ini keberadaan PWI sebagai wadah profesi bagi wartawan, telah berhasil mengangkat marwah dan martabat wartawan di Sulawesi Selatan.
“Sekarang sudah jarang lagi ada wartawan bodreks dan muntaber (muncul tanpa berita) yang ditemui. Ini karena PWI Sulsel makin maju dan membina anggotanya dengan melakukan banyak workshop uji kompetensi bagi wartawan,” kata Andi Ina kartika Sari setelah menerima Pengurus PWI Sulsel di Rujab Ketua DPRD, Jalan Dr Ratulangi Makassar, Kamis (8/4/2021).
Dia juga menyampaikan, selama kepemimpinan Agus Salim Alwi Hami, PWI Sulsel berhasil mengawal kualitas kewartawanan di Sulawesi Selatan.
Namun, kata dia, seiring meningkatnya teknologi informasi, maka dia berharap, PWI juga kedepan mampu meningkatkan sumber daya wartawan dalam menguasai teknologi informasi dan sosial media yang berkembang pesat.
Selain itu, Politisi Partai Golkar ini, juga menyampaikan agar seluruh wartawan bisa mengawal aspirasi masyarakat dan aktif memberikan saran kepada DPRD dalam melaksanakan fungsinya, yakni pengawasan.
“DPRD Sulsel selalu terbuka kepada wartawan dan Anggota PWI untuk bersama-sama mengawal demokrasi, karena tidak bisa terwujud demokratisasi itu tanpa adanya peran aktif pers yang bebas dan bermartabat. Di sinilah peran penting PWI mengawal demokrasi dan aspirasi rakyat,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua PWI Sulsel, HM Agus Salim Alwi Hamu mengatakan, PWI Sulsel sejauh ini terus membangun komunikasi dengan semua pihak, termasuk dengan seluruh Anggota DPRD di Provinsi, maupun di Kabupaten/Kota. Termasuk hubungan PWI dengan jajaran eksekutif, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota, kata dia, tetap lancar dan terjalin komunikasi yang baik.
“PWI Sulsel dan DPRD Sulsel adalah mitra demokrasi yang sama-sama memperjuangkan kepentingan publik. PWI mendorong agar keterbukaan informasi publik seluruh masyarakat bisa mengakses informasi yang benar dan bermanfaat,” kata Agus Salim.
Dalam pertemuan tersebut, Agus juga menyampaikan, saat ini PWI Sulsel lagi intens menggalakkan peningkatan kompetensi wartawan di seluruh daerah di Sulsel. “Salah satunya melalui uji kompetensi agar ke depan semua wartawan mendapat pengakuan langsung dari dewan pers,” pungkas Agus. (roma)


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini