Analisis Sosiolog Unhas: Tingginya Angka Vaksinasi di Makassar Karena Kesadaran Warga Tinggi

Pakar Sosilogi Universitas Hasanuddin, Dr Samwedi Muhammad. (Foto: ist_menit)
menitindonesia, MAKASSAR – Data capaian program vaksinasi Kabupaten Kota di Provisni Sulawesi Selatan (KPCPEN) per tanggal 15 Juli 2021, angka vaksinasi Kota Makassar menempati peringkat pertama di Sulawesi Selatan, disusul oleh Kota Pare-Pare dan Kabupaten Soppeng.
Tingginya capaian data vaksinasi di Makassar ini, dianalisis oleh pakar sosilogi Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Dr Sawedi Muhammad, yang menyebutkan capaian tersebut disebabkan karena tingginya kesadaran dan pemahaman warga Makassar terkait pandemi Covid-19 dan adanya kerjasama dengan semua pihak.
“Saya ingin memberikan analisis, mengapa angka vaksinasi di Makassar itu tertinggi di Sulsel. Karena vaksinasi dilakukan paralel oleh berbagai organisasi swasta, BUMN, dan instansi pemerintah vertikal maupun TNI/Polri,” kata Sawedi melalui keterangannya, Jumat (16/7/2021).
Dia menyebutkan, angka capaian vaksinasi yang tinggi ini harus disyukuri dan tidak diklaim sebagai kerja satu instansi saja. “Ini adalah kerja bersama multipihak yang harus diapresiasi,” ujar Sawedi.
Lebih lanjut, Sawedi mengatakan, adanya kesadaran warga untuk divaksin, juga menunjukkan bahwa usaha untuk menekan atau melandaikan kurva Covid-19 harus terus dilakukan secara bersama-sama.
Sawedi juga menghimbau agar masyarakat bersegera untuk melakukan vaksin. “Vaksinasi adalah salah satu kunci utama untuk membendung penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (roma)


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini