Calon Pangkostrad Sudah di Tangan Presiden, Menantu Luhut Pandjaitan Menguat Gantikan Jenderal Dudung

Mayjen Maruli Simanjuntak. (Foto: Ist)
menitindonesia, JAKARTA – Setelah Panglima Komando Strategi Angkatan Darat (Pangkostrad) Jenderal Dudung Abdurrahman resmi menjabat KSAD, nama-nama pengganti Pangkostrad sudah diserahkan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa kepada Presiden Jokowi, pada Rabu 17 Nopember 2021, kemarin.
Andika menjelaskan, beberapa nama calon Pangkostrad sudah dikantongi Presiden Jokowi, termasuk nama Mayjen TNI Maruli Simanjuntak–menantu Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan–yang saat ini menjabat Pangdam IX Udayana.
“Calon Pangkostrad sudah ada di tangan Presiden Joko Widodo. Kami sudah serahkan nama-nama dari TNI AD berkompeten menjadi Pangkostrad ke Presiden,” kata Jenderal Andika Perkasa.
Lebih lanjut Andika menjelaskan, pihaknya hanya menyiapkan data-data dari TNI AD, selanjutnya Presiden Jokowi selaku Panglima tertinggi TNI yang akan memilih sesuai yang eligible.
“Itu diputuskan beliau, kami hanya menyiapkan data, yang memutuskan Presiden. Saya hanya bertugas menyiapkan data beliau silakan memilih sesuai yang eligible,” jelas Andika.
Andika tak menyebut siapa saja perwira tinggi TNI yang akan menjadi Pangkostrad. Andika mengatakan bahwa banyak perwira TNI yang saat ini berhak dan memiliki kompetensi menjadi Pangkostrad.
“Saya akan lapor ke Presiden karena ini hubungannya dengan Wanjakti (Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi) karena ini kan mekanismenya lewat Wanjakti,” ujarnya
Namun, yang santer berkembang beberapa nama populer yang diperkirakan akan ditunjuk oleh Presiden Jokowi menggantikan posisi Jenderal Dudung sebagai Pangkostrad. Selain nama Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, juga ada nama kandidat kuat lain seperti  Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa; Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso.
Kandidat Pangkostrad dari Jenderal bintang tiga juga terbuka. Sejumlah calon yang dinilai mumpuni, seperti Danpussenif Letjen TNI Arief Rahman. (roma)


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini