Bupati Maros Dorong Peninghkatan Layanan Puskesmas

Bupati Maros memberi sambuta pada pembukaan workshop. (Foto: Ist)
menitindonesia, MAROS – Bupati Maros, AS Chadir Syam, membuka kegiatan Workshop Pemahaman Standart dan Instrumen Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Puskesmas Tahun 2021 yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Maros, di Grand Town Hotel, Maros, Selasa (7/12/2021).
Dalam sambutannya, Chaidir mengatakan selama Pandemi Coved-19 adalah Garda terdepan yang berjibaku melaksanakan tugas dan tanggungjawab menekan penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat, termasuk dalam pemberian vaksin kepada masyarakat.
“Kabupaten Maros tidak mengalami lonjakan signifikan dalam kasus Covid-19 yang selama ini terjadi, tidak seperti kondisi di daerah Jawa, Bali dan Sumatera dengan adanya lonjakan virus varian baru. Ini pun tak lepas dari peran dan tugas para tenaga kesehatan,” kata Chaidir.
Dia juga berharap segala aktivitas pelayanan kesehatan bisa memenuhi standar penilaian. Bagi Puskesmas yang belum mencapai standar penilaian, kata dia, agar segera bergerak lebih maju lagi.
“Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas, Puskesmas sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) wajib terakreditasi, hal ini sesuai dengan Permenkes RI No 46 Tahun 2015 tentang Akreditasi Puskesmas,” ujarnya.
Lebih lanjut, Chaidir menambahkan, akreditasi Puskesmas ini bukan sekedar penilaian untuk mendapat sertifikat akreditasi, melainkan bertujuan sebagai pembinaan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan klinis, serta penerapan manajemen risiko.
“Karena itu, melalui workshop ini dapat memberikan pemahaman lebih rinci dan komprehensif kepada para peserta tentang tahapan-tahapan, standar dan instrumen terkait kriteria akreditasi yang ditetapkan, sehingga nantinya seluruh Puskesmas, Klinik, maupun tempat praktik mandiri dokter yang ada dapat terakreditasi melalui tahapan dan ketentuan yang telah ditetapkan,” pungkasnya. (andi esse)