Kirim Karangan Bunga Ucapkan Selamat Kepada Andi Sudirman Sulaiman, Ketua FAKK: Dia Gubernur Muda, Bersih dan Ahli Ibadah

Ketua FAKK, Ahmad Mabbarani, saat diwawancarai wartawan di depan Gedung KPK beberapa waktu lalu. (Foto: Ist)
menitindonesia, MAKASSAR – Ketua Forum Aliansi Kontra Korupsi (FAKK), Ahmad Mabbarani, mengirimkan karangan bunga ucapan selamat kepada Andi Sudirman Sulaiman yang dilantik oleh Presiden Joko Widodo menjadi Gubernur Sulawesi Selatan sisah masa bakti 2018-2023, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (10/3/2022).
Saat dikonfirmasi, Ahmad Mabbarani mengatakan, Andi Sudirman Sulaiman dilantik menjadi gubernur termuda usianya di Indonesia. Sebagai gubernur termuda, lanjut Ahmad Mabbarani, Andi Sudirman menjadi simbol milenial yang akan menjadi tolak ukur kesiapan generasi muda mengelolah dan memimpin negeri ini di masa akan datang.
IMG 20220310 WA0002
Karangan bunga ucapkan selamat bekerja kepada Andi Sudirman Sulaiman, Gubernur Sulsel dari Ketua FAKK, Ahmad Mabbarani. (Foto: Ist)
“FAKK tidak sembarang memberi ucapan selamat kepada pejabat publik. Tapi terhadap Andi Sudirman, FAKK punya pandangan. Dia menjadi gubernur di usia yang sangat muda. Tentu dia mewakili seluruh generasi milenial, sehingga Andi Sudirman harus menunjukkan jati diri anak muda dalam mengembang amanah,” kata Ahmad Mabbarani.
Dia menambahkan, dari hasil penelusurannya, selama menjalankan amanah sebagai wakil gubernur, pelaksana tugas gubernur dan kini menjadi Gubernur Sulsel definitif, sosok anak muda ini, kata dia, dikenal sebagai pemimpin yang berkepribadian, santun, rendah hati, sederhana dan ahli ibadah.
Menurutnya, FAKK juga telah meneropong rekam jejaknya selama di pemerintahan. Menurut hasil yang ditemukan FAKK, Andi Sudirman Sulaiman dalam memimpin pemerintahan, menggunakan cara yang lurus dan terukur. Ahmad mengatakan, dalam penggunaan anggaran, Andi Sudirman Sulaiman mengarahkan kebijakan anggarannya secara merata ke semua daerah di wilayah yang dia pimpin.
“Hampir semua daerah mendapat porsi anggaran dari Pemprov secara adil. Dia jua memprioritaskan membayar hutang-hutang Pemprov hingga Rp1 triliun dalam setahun menjabat pelaksana tugas. Perlahan birokrasi di Pemprov Sulsel mulai ditata rapih dan menjauhi prilaku korupsi,” jelas Ahmad.
Untuk menilai kinerja pemerintah, lanjut Ahmad Mabbarani, LSM anti korupsi yang dipimpinnya dia jamin objektif dan apa adanya. Dia juga menegaskan, sebagai Ketua Forum, Ahmad Mabbarani mengaku tidak perlu cari muka dan menjilat, sebab forum yang dia namakan FAKK ini, tidak pernah mengurus proyek atau mengurus jabatan kepada seseorang.
“Kami bekerja di luar sistim, jadi kami bebas menilai. Kalau ada kasus korupsi kami temukan, saya jamin, Insya Allah akan berrhadapan dengan aksi-aksi FAKK. Karena itu, kami meminta semua kepala daerah mencontoh gaya kepemimpinan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, hidup sederhana, tidak pongah dengan kekuasaan,” ucapnya.
Dia juga menyayangkan banyaknya Bupati di Sulsel yang justru patuh dan taat kepada cukong atau kontraktor ketimbang memperhatikan kebutuhan masyarakat. Menurut Ahmad, sebagai Ketua FAKK, dia sudah menyampaikan kepada Ketua KPK, Firli Bahuri agar meningkatkan pengawasan di Sulsel, sebab praktik korupsi Bupati yang diongkosi oleh Cukong di Pilkada, mulai semakin brutal dan kablinger.
“Saya sedih melihat ruang tamu beberapa Bupati di daerah ini, baik di Rujab maupun di kantornya, lebih mengutamakan menerima kontraktor (cukongnya) bertamu, ketimbang menerima rakyat yang datang menyampaikan persoalan mereka. Hasil Pilkada seperti ini harus diawasi, ada karakter kepemimpinan yang korup yang muncul tanpa disadari,” tegas Ahmad Mabbarani.
Di tengah kondisi seperti itu, ujar Ahmad menambahkan, justru berbalik dengan gaya kepemimpinan yang ditunjukkan oleh Andi Sudirman Sulaiman. Sebagai Plt Gubernur, kata dia, Andi Sudirman Sulaiman tidak seperti gaya Bupati yang terlalu bangga dengan kekuasaannya.
“Sebaliknya Andi Sudirman tetap sederhana, mengantar sendiri anaknya ke sekolah, pakai motor di waktu luangnya. Dia rajin beribadah dan tidak bermewah-mewah di hadapan rakyatnya. Ini yang harus mereka contoh, Gubernur kita, biar masih muda tapi memiliki kepribadian yang mulia,” pungkasnya. (roma)