Polres Maros Gelar Tudang Sipulung Cegah Konflik Antar Warga di Perbatasan Wilayah Hukum Maros-Makassar

Tudang Sipulung Polres Maros . (Foto: Ist)
menitindonesia, MAROS – Satuan Binmas Polres Maros bersama Polsek Biringkanaya Polrestabes Makassar menggelar kegiatan tudang sipulung di GOR Tamarunang, Desa Baji Mangngai, Kecamatan Mandai, Kabupaten Maros, Jumat (25/3/2022).
Kegiatan Tudang Sipulung ini, dilaksanakan untuk pemeliharaan dan pembinaan Kamtibmas, utamanya di wilayah perbatasan, yakni wilayah hukum Polsek Mandai Polres Maros dengan Polsek Biringkanaya Polrestabes Makassar, yang sebelumnya sering terjadi tawuran antar warga.
Hadir dalam acara tersebut, selain sejumlah personil Polres Maros dan Polsek Bbiringkanaya, juga tampak hadir unsur pemerintah di antaranya Camat Mandai Abdul Razak ,Camat Biringkanaya Benyamin B Turupadang, unsur TNI: Danramil 1408 Biringkanaya Mayor (Kav) Salahuddin, para Lurah dan kepala desa serta para FKPM, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.
Kegiatan yang mengangkat tema “Menuju Kondisi Yang Lebih Aman, Damai dan Kondusif” dipimpin oleh Kabag Ops Polres Maros Kompol Abriadi bersama Kapolsek Biringkanaya Kompol Andi Alimuddin, didampingi Kasat Binmas Polres, Maros AKP Hamzah dan Kapolsek Mandai, AKP Harisa.
Kasat Binmas Polres Maros, AKP Hamzah yang sebagai penanggung jawab kegiatan, menjelaskan, kegiatan tudang sipulung digelar sehubungan rentetan kejadian tawuran yang melibatkan warga Kompleks Perum Pepabri Kel Bakung Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar dengan warga Dusun Tamarunang Desa Baji Mangngai Kecamatan Mandai Kabupaten Maros kerap terjadi dari tahun ke tahun.
“Tudang SIpulung ini kita lakukan untuk pemeliharaan dan pembinaan Kamtibmas, utamanya warga Kompleks Perum. Pepabri, Kelurahan Bakung, Biringkanaya, Makassar dengan warga Dusun Tamarunang Desa Baji Mangngai, Kecamatan Mandai, Maros, yang kerap terjadi tawuran dari tahun ke tahun,” kata AKP Hamzah.
Dia menyebutkan, dengan duduk bersama, para pemangku kepentingan dan kebijakan serta melibatkan para tokoh masyarakat, ujar AKP Hamzah, semua pihak bisa menemukan solusi atas permasalahan sosial yang kerap kali terjadi itu.
Sementara itu, dikonfirmasi kepada Kepala Polres Maros, AKBP Fathur Rochman, menghimbau warga, kedua belah pihak, utamanya para orangtua untuk meningkatkan pengawasan dan pola asuh kepada anak-anak mereka untuk tidak terlibat ataupun melakukaan perbuatan melanggar hukum.
Sebelumnya terjadi pertikaian yang menimbulkan tawuran antar warga kedua belah pihak terjadi pada hari senin lalu yang para pelakunya didominasi remaja dan anak di bawah umur.
“Peran dan pengawasan orangt ua harus lebih ditingkatkan untuk mencegah anak-anak mereka ikut terlibat ataupun melakukan pelanggaran hukum,” ujar Fathur Rochman.
Dia menegaskan, pihaknya tak akan segan-segan melakukan tindakan hukum bagi para pelaku yang terlibat ataupun melakukan perbuatan melanggar hukum.
“Kami akan tindak semua pelaku yang jelas-jelas melanggar hukum!” pungkasnya. (roma)


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini