Danny Pomanto Minta BBPJN Jangan Hambat Rencana Pemkot Makassar Bikin Balapan Resmi di Jalan AP Pettarani

Walikota Makassar, Danny Pomanto. (Foto: Ist)
menitindonesia, MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto atau Danny Pomanto, menyampaikan jika Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar telah mengajukan permohonan izin balapan resmi di Jalan AP Pettarani Makassar kepada Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah XIII Makassar.
Dia berharap, rencana Pemkot melaksanakan balapann di Jalan AP Pettarani Makassar, harus mendapat dukungan dari BBPJN dengan memberikan izin menggunakan sepanjang Jalan AP Pettarani.
“Saya sudah meminta tim mengajukan permohonan izin ke BBPJN. Mudah-mudahan diberi fasilitas perizinan, kalau tidak diizinkan untuk balapan resmi, berarti BBPJN tidak mau bekerjasama dengan Pemkot,” kata Danny Pomanto, saat ditemui wartawan, Rabu (13/4/2022).
Dia juga menegaskan, kalau BBPJN Wilayah XIII tidak mau bekerjasama, berarti pihaknya juga tidak akan memberikan fasilitas perizinan kepada BBPJN jika berurusan dengan Pemkot Makassar.
Danny menegaskan, bahwa Pemkot Makassar tetap akan mengikuti prosedur yang ada ketika mengajukan permohonan izin.
Selain itu, Danny juga mengungkapkan, pada awalnya, pihaknya sudah menyiapkan dua opsi lokasi balapan resmi, yakni di Jalan Metro Tanjung Bunga dan Jalan Dr Leimena. Namun Ikatan Motor Indonesia (IMI) belakangan merekomendasikan pelaksanaan ke Jalan AP Pettarani yang merupakan ruas jalan nasional.
“Memang harus tetap izin, tapi kalau misalnya BBPJN menghambat, silakan. Saya kan juga tidak minta di situ. IMI yang rekomendasikan (Jalan Pettarani),” tuturnya.
Namun, jika tidak ada izin, dia akan memindahkan lokasi bapalan resmi ke tempat yang merupakan kewenangan Pemkot Makassar. Namun, Danny juga berjanji, akan menghambar jika ada urusan BBPJN dengan Pemkot.
“Kalau tidak diizinkan, kita kasih kembali (lokasi balapan motornya) ke tempatnya kota. Tapi (BBPJN) jangan juga harap kalau ada berhubungan dengan kota,” tegas Danny.
Sementara Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar Andi Pattiware mengatakan telah mengajukan izin ke BBPJN Wilayah XIII Makassar. Ia berharap mendapat dukungan.
“Untuk mendiskusikannya, perlu dibicarakan dan dikoordinasikan sehubungan dengan kegiatan yang akan kita lakukan,” ujar Pattiware.
Jika sudah ada izin, Pattware akan memaksimalkan sisa waktu untuk balapan motor bagi para pembalap liar di Makassar. Pihaknya juga telah bertemu dengan Kapolrestabes Makassar.
“Sudah ada lampu hijau dari Kapolrestabes Makassar. Setelah izin dan administrasi kelar. Insyallah, kami akan audiens dengan Dirlantas dalam waktu dekat,” ujarnya.
Diketahui Pemkot Makassar berencana melaksanakan balapan motor di ruas Jalan AP Pettarani Makassar pekan ini. Agenda ini untuk mengatasi balapan liar yang marak di Makassar selama bulan Ramadan.
Sebelumnya diberitakan, BBPJN XIII Makassar meminta Pemkot mengajukan permohonan izin penggunaan Jalan AP Pettarani Makassar sebagai lokasi balapan. Hal ini atas rencana Wali Kota Makassar, Danny Pomanto yang menggelar balapan motor di ruas jalan nasional itu.
“Bagusnya tim Pemkot ketemu Balai, ajukan permohonan izin apa yang mau dilaksanakan di Jalan AP Pettarani. Kan begitu saja,” ucap Kepala Satker Jalan Metropolitan BBPJN XIII Makassar, Malik.
Pasalnya Jalan AP Pettarani merupakan ruas jalan nasional yang menjadi tanggung jawab pusat dalam hal ini BBPJN. Namun pihaknya terbuka jika ingin digunakan selama dikoordinasikan. “Itukan jalan nasional di situ,” pungkasnya. (andi esse)