Gubernur Andalan Bagikan Benih Unggul Gratis Untuk Petani, Besok Lepas 70 Truk Angkut Jataan Benihnya ke Daerah

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. (Ist)
menitindonesia, MAKASSAR – Jika tak ada aral melintang, Jumat besok (22/4/2022) Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman melaunching Mandiri Benih untuk meningkatkan produksi dan geliat pertanian di Sulawesi Selatan.

BACA JUGA : Komisi VII Desak Menteri ESDM Tinjau IUP-OP PT Batuah Energi Prima, LSM PILHI Laporkan ke KPK Dugaan Gratifikasi

BACA JUGA : Warga Minta Polres Maros Tertibkan Truk Pengangkut Tanah di Marusu, Diduga Ada Yang Curi Tanah Timbunan


Dalam kegiatan launching ini sebanyak 70 mobil truk yang berisi benih unggul, benih padi, benih pohon kakau dan lain sebagainya akan dilepas Andi Sudirman di Jembatan Tongkonan Center Point of Indonesia (CPI) Makassar.

70 mobil truk ini akan membawa jutaan bibit pertanian untuk disalurkan ke kelompok tani di 24 Kabupaten/Kota di Sulsel.
Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Sulsel, Imran Jausi menyampaikan, bahwa Mandiri Benih merupakan inovasi yang diinisiasi langsung oleh Gubernur Sulsel, Andi Sudirma Sulaiman. Rencananya, mengusung tema yakni “Bangkitkan Pertanian Sulsel Melalui Mandiri Benih”.
“Dalam launching mandiri Benih yang ditandai dengan penyerahan jutaan benih padi, bibit kopi, kakao dan alat mesin pertanian. Kita rencananya menggunakan 60-70 truk,” ujarnya, Rabu (20/4/2022).
Adapun target penyaluran benih padi di tahun 2022 ini sebanyak 2,6 juta kg atau 2.600 ton untuk luas lahan 104 ribu hektar. “Benih ini dibagikan gratis ke masyarakat. Penyalurannya secara bertahap sesuai dengan musim tanam di daerah,” katanya.
“Target yang ingin kita capai tentunya peningkatan produktivitas. Jika benihnya unggul, kualitas baik, tentunya akan bisa menghasilkan produksi yang lebih bagus,” jelasnya.
Terlebih lagi, Provinsi Sulawesi Selatan merupakan salah satu daerah yang kaya akan hasil pertanian. Apalagi daerah di Indonesia bagian Timur ini juga merupakan salah satu lumbung pangan Nasional.
“Diharapkan dapat meningkatkan produksi padi dengan menggunakan benih yang berkualitas, menjaga pola tanam, mengatur jarak tanam (bukan hambur) dan pemeliharaan yang baik dan benar,” pintanya.
Dalam acara tersebut, Andi Sudirman Sulaiman akan melakukan komunikasi dengan para kepaa daerah dalam hal ini bupati dan walikota se Sulsel. Intinya, Andi Sudirman akan meminta kepada seluruh kepala daerah untuk mengawal program Mandiri Benih ini agar terealisasi sampai ke bawah. Sehingga dampak yang bisa dirasakan adaah terciptanya peningkatan produksi pertanian di Sulse yang berujung pada peningkatan kesejahteraan petani.
“70 unit mobil truk akan dilepas langsung oleh Pak Gubernur di CPI, selanjutnya mobil truk ini akan menuju ke 24 kabupaten kota se Sulsel untuk mendistribusikan bibit atau benih unggul ini ke masing masing petani,” ujar Imran Jausi.
Dengan program ini, Sulsel lanjutnya, harus tetap menjadi provinsi yang mampu menopang pangan 20-an provinsi se Indonesia. (andi esse)


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini