SBY Ziarahi Makam Ibunya, Lalu Makam Istrinya di TMP

SBY di makam istrinya, Alm Ani Yudhoyono, membacakan surah Yasin dan mendoakan kelapangan bagi almarhumah di alam kubur. (Foto: Ist)
menitindonesia, JAKARTA – Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), berziarah ke makam ibunya dan istri tercintanya, Kristiani Herrawati atau akrab disapa Ibu Ani Yudhoyono, pada hari kedua Lebaran, Selasa (3/5/2022).
SBY tiba di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, sekitar pukul 17.13 WIB dengan mengenakan batik berwarna cokelat dan masker hitam.
Ia didampingi dengan anak dan menantunya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Annisa Pohan, serta sejumlah kerabat. AHY tampak mengenakan pakaian batik lengan panjang berwarna cokelat.
Sedangkan Annisa mengenakan pakaian berwarna hijau dab berkerudung merah muda. Setibanya di lokasi, SBY menyapa warga sekitar yang berada di lokasi makam Ani Yudhoyono.
“Assalamualaikum, minal aidin wal faizin,” kata SBY menyapa warga di sekitar lokasi makam.
Setelah itu, SBY langsung masuk ke tenda sambil memegang nisan istrinya. Kemudian SBY berserta AHY dan rombongan duduk di kursi yang telah disediakan untuk berdoa.
Diberitakan sebelumnya, sejak pagi pukul 10.00 WIB, makam Ani Yudhoyono hingga makam Presiden Ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie dan istrinya, Hasri Ainun Besari Habibie, ramai didatangi peziarah. Sejak pagi hingga sore hari warga bergantian melantunkan doa dan berfoto di makam tersebut.
Sementara itu, Asisten SBY, Ossy Darmawan, mengatakan, sebelumnya SBY berziarah ke makam ibundanya, almarhumah Eyang Sitti Habibah di Tempat Pemakaman Umum Tanah Kusir, lalu menuju ke TMP Kalibata menziarahi makam almarhumah Hj Kristiani Binti Sarwo Edhie Wibowo.
“Di lebaran hari kedua ini, Bapak SBY didampingi Mas Agus, mbak Annisa serta Kakak Aira berziarah ke makam ibunda SBY, Almarhumah Eyang Siti Habibah di Tanah Kusir dan makam istri tercinta Almh Ibu Ani Yudhoyono,” ucap Ossy. (roma)