KONI Makassar Berkolaborasi Dengan Nipah Mall Gelar PON di Mall, 14 Cabor Dipertandingkan

Rakor Pelaksanaan PON di Mall Nipah. (Foto: Ist)
menitindonesia, MAKASSAR – Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Kota Makassar melakukan kolaborasi dengan menggandeng manajemen Nipah Mall menggelar Pekan Olahraga Nipah (PON) yang akan dilaksanakan di Nipah Mall mulai tanggal 29-31 Juli 2022.
Kegiatan PON tersebut diinisiasi oleh manajemen Nipah Mall dan merupakan bagian dari Makassar Sport Show, salah satu program unggulan KONI Makassar.
Ketua KONI Makassar, Ahmad Susanto, mengatakan, event tersebut semula dirancang sebagai event sportaiment. Namun, kata dia, setelah berkolaborasi dengan KONI Makassar, eventi ini dikembangkan dengan nuansa olahraga prestasi.
“Semula dirancang sebagai sportaiment, namun kita ubah bernuansa olahraga prestasi,” kata Ahmad Susanto kepada wartawan usai menggelar Rapat Koordinasi dengan manajemen Nipah Mall yang juga dihadiri 14 pengurus Cabang Olahraga yang akan mengikuti PON tersebut.
Lebih lanjut, Ahmad Susanto menyebutkan, bahwa Cabor yang dipertandingkan di event PON ini, juga sebagai mitigasi sosial. “Misalnya panahan. Kita akan arahkan anak-anak remaja yang selama ini kerap terlibat aksi pembusuran menjadi peserta dalam kegiatan olahraga ini. Jadi diarahkan ke kegiatan positif,” ujarnya.
Dia menambahkan, pertandingan olahraga prestasi yang digelar di PON ini, akan ditangani langsung pengurus Cabor.  “Termasuk menentukan nomor yang dipertandingkan dan wasit yang memimpin pertandingan. KONI Makassar juga akan menugaskan beberapa pengurus KONI sebagai tim monitoring evaluasi (Monev) dalam kegiatan in,” ucapnya.
Ahmad menginstruksikan, dalam nomor pertandingan memprioritaskan kompetisi atlet usia muda terutama pelajar sekolah dasar dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebagai bagian dari program one student one sport yang dikerjasamakan dengan Dinas Pendidikan Makassar.
Nipal Mall, Nafila, yang hadir dalam pertemuan tadi sore menambahkan, di event ini, 14 cabang olahraga prestasi yang dipertandingkan, yakni: bulutangkis, tenis meja, basket 3×3, balap sepeda, senam, karate, anggar, panahan, dan beberapa cabang olahraga lainnya.
Nafila mengapresiasi KONI Makassar yang berkoloborasi dalam menggelar event ini. Ia berharap event serupa bisa dilakukan secara berkelanjutan. (asrul nurdin)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini