Dewas PDAM Makassar Gelar Rapat Perdana, Bahas SOP dan Peran Komite Audit

Prof Aminuddin Ilmar pimpin Rapat Dewas PDAM Makassar. (Foto: Ist)
menitindonesia, MAKASSAR – Belum sepekan resmi dilantik, Dewan Pengawas (Dewas) Perumda Air Minum (PDAM) Kota Makassar, melakukan rapat perdana di Ruang Kerja Dewas, Jalan Dr Ratulangi, Kamis (21/7/2022).
Rapat kerja ini dipimpin oleh Prof Dr Aminuddin Ilmar, SH, MH, dan juga dihadirkan Komite Audit yang telah ditunjuk untuk membantu kerja pengawasan di internal PDAM Kota Makassar.
Agenda rapat yang dibahas terkait Standart Operasional Prosedur (SOP) Dewas dan Komite Audit yang telah termaktub dalam PP No 54 tahun 2017. Selain itu juga mengurai secara lebih detail tupoksi tiap anggota Dewas dan Komite Audit.
Prof Aminuddin Ilmar, mengemukakan tiga garis besar fungsi dan tugas Dewas, yakni, pertama pemeriksaan dan pengawasan, kedua penilaian kesehatan perusahaan, ketiga kepatuhan perusahaan.
Selain itu, Prof Aminuddin Ilmar juga menyampaikan, terdapat tiga persoalan yang dihadapi PDAM selama ini, dan persoalan tersebut harus mendapatkan atensi serius oleh Dewas dan juga Komite Audit.
Pertama, lingkup pelayanan air bersih PDAM Makassar masih di bawah 70 persen, yang idealnya sudah bisa mencapai 80 persen ke atas. Kedua, tingkat kehilangan air cukup besar mencapai 52 persen, serta kepatuhan perusahaan terhadap SOP yang belum maksimal.
“Kita berharap persoalan-persoalan itu mendapatkan perhatian serius dari Dewas dan Komite Audit. Kehadiran kita harus mampu memberikan saran dan masukan kepada direksi baru agar kerja yang dilakukan sesuai dengan prinsip pengelolaan perusahaan yang baik,” ujar pakar tata negara Unhas itu.
Dia berharap, anggota tim audit untuk berbagi tupoksi terkait hal yang menjadi fokus pengawasan di internal PDAM. “Dimana ranah Komite Audit untuk membantu tugas Dewas dalam hal pengawasan. Sehingga koordinasi dan sinergitas sangat dibutuhkan,” pungkasnya. Prof Ilmar.
Rapat perdana ini dihadiri anggota Dewas PDAM yakni Prof Aminuddin Ilmar, Arifuddin Hamarung, dan Andi Fadly Ferdiansyah. Hadir pula sekretaris Dewas Henny Handayani.
Sementara Komite Audit dihadiri Asmaeny Azis, Susuman Halim, Mochtar Juma, Siti Sufaidah dan Riman S Duyo. (andi esse)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini