Rehabilitasi Daerah Irigasi Larandu di Luwu Sudah Rampung, Kadis PUTR Sulsel: Mutu Pekerjaan Sementara Uji di Lab

menitindonesia, LUWU – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan telah merampungkan rehabilitasi daerah irigasi Larandu yang berada di Kecamatan Suli Barat, Kabupaten Luwu.
Penanganan ini menjadi bukti komitmen Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dalam menggenjot infrastruktur pertanian untuk meningkatkan perekonomian dari sektor pertanian.
Kepala Dinas PUTR Sulsel, Astina Abbas menyampaikan, untuk pekerjaan rehabilitasi Daerah Irigasi Larandu sudah mencapau progres fisik 100%. “Untuk mutu pekerjaannya dalam tahap pengujian laboratorium, sebelum diserah terimakan ke Dinas,” jelasnya, Sabtu (23/7/2022).
Dengan penanganan ini, kata dia, akan lebih mengoptimalisasi fungsi saluran irigasi ke persawahan masyarakat. “Kita harap bisa meningkatkan aliran air dari Bendung Larandu ke lahan pertanian. Sehingga nantinya dapat meningkatkan hasil produki pertanian masyarakat,” katanya.
Selain itu, hal ini akan berdampak langsung bagi masyarakat, dalam menopang sebagai Sulsel sebagai daerah pangan Nasional.
Adapun luas fungsional dari DI Larandu seluas 687 Ha hektar. Irigasi Larandu ini mengairi 2 Kecamatan yakni Kecamatan Suli Barat dan Kecamatan Suli. (andi esse)