Geliatkan Pariwisata Toraja, Gubernur Sulsel Subsidi Penerbangan Jalur Toraja-Kalimantan

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman dan Bupati tana Toraja, Theofilus Allorerung. (Foto: Ist)
menitindonesia, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, mengalokasi bantuan keuangan Rp22,5 milyar untuk mensubsidi penerbangan jalur Kalimantan Timur, Balikpapan-Toraja. Subsidi penerbangan ini dilakukan sebagai upaya mendukung pemuulihan ekonomi khususnya di sektor Pariwisata di Kabupaten Tana Toraja.
Bantuan keuangan Pemprov Sulsel itu, diserahkan langsung oleh Andi Sudirman kepada Bupati Toraja, Theofilus Allorerung pada pelaksanaan Sulsel Anti Mager (Malas Gerak) di Rujab Gubernur Sulsel, Sabtu (23/7/2022).
“Bantuan keuangan ini untuk mendukung pembangunan akses jalan menuju wisata Ollon dan subsidi penerbangan,” kata Andi Sudirman Sulaiman.
Dia menambaghkan, dengan bantuan keuangan ini, maka akan menggeliatkan perekonomian dan pariwisata di Toraja. Terlebih, ini akan membuka hadirnya penerbangan rute baru dari Tana Toraja menuju Balikpapan (Kaltim).
“Memberikan bantuan keuangan kepada Kabupaten Tana Toraja, untuk subsidi tiket penerbangan Tana Toraja- Kalimantan. Ini dapat membuka penerbangan Perdana Kalimantan Direct Flight Toraja,” ujar Andi Sudirman.
Selain itu, alokasi bantuan keuangan tahun ini juga kembali untuk mendukung pembangunan akses jalan menuju wisata Ollon.
“Ini adalah untuk kedua Kali bantuan Keuangan untuk Wisata Ollon. Berharap Bapak Bupati beserta jajaran Pemda Tana Toraja segera merealisasikan sehingga Wisata Panorama Alam Ollon menjadi wisata Andalan baru dengan akses yang mudah dengan kendaraan roda dua dan empat,” ungkapnya.
Orang nomor satu di Sulsel ini berharap, Bupati segera memanfaatkan anggaran bantuan Keuangan ini, dan dapat terealisasi untuk kemajuan Wisata Toraja,” tuturnya.
Sementara itu, Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung mengaku, bahwa bantuan keuangan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Toraja.
“Saya kira bantuan ini berharga dan bermanfaat bagi kami dalam rangka penguatan infrastruktur yang ada di Toraja, ini khusus untuk Ollon ini medannya masih sangat berat, masih off road ke sana. Diharapkan dengan bantuan ini, ini akan memulai melakukan perbaikan. Karena Ollon ini merupakan wisata yang banyak diminati oleh berbagai pihak. Sehingga bantuan ini sangat berharga,” jelasnya. (andi esse)