Instalasi 4 Maccini Sombala Usai Dibenahi, Produksi Air Bersih di Wilayah Barat Makassar Mulai Lancar

PDAM Makassar. (Ist)
menitindonesia, MAKASSAR –  Perumda Air Minum (PDAM) Kota Makassar terus menerus meningkatkan kapasitas produksi air bersih untuk memenuhi kebutuhan warga sesuai tanggung jawab yang diberika oleh Pemerintah Kota Makassar.
Peningkatan kapasitas produski dan Suply Air di Instalasi 4 Maccini Sombala, sudah selesai dibenahi. Kapasitas produksi meningkat dari 250 liter per detik naik mencapai 300 liter per detik. Peningkatan produksi ini terjadi setelah dilakukan penggantian filter, pemasangan nozzle filtrasi dan penggantian pasir kuarsa.
Direktur Utama PDAM Makassar, Beni Iskandar,  target produksi dari instalasi 4 Maccini Sombala untuk tahun 2023 akan ditingkatkan lagi menjadi 325 liter per detik.
“Ini untuk mengantisipasi dan melayani kebutuhan masyarakat yang bermukim di wilayah barat kota Makassar, yaitu kawasan Barombong dan kawasan GMTD serta kawasan utara kota, yang diprediksi kebutuhan air bersihnya akan meningkat,” kata Beni Iskandar.
Menurutnya, saat ini, masih ada sedikit keluhan pelanggan di daerah tersebut, pihak PDAM Makassar berupaya untuk terus meningkatkan layanan agar supply dapat lebih merata dan menjamin ketersediaan pasokan air bersih bagi masyarakat.
Sementara itu, Direktur Teknik PDAM Makassar, Asdar Ali, menambahkan, bahwa saat ini pihaknya terus berupaya menambah debit air ke lokasi potensial yang mengalami penambahan pelanggan, termasuk Barombon.
“Makin bertambahnya Kawasan Perumahan, tentunya juga membutuhkan ketersediaan air bersih. Ya, PDAM harus siapkan,  sehingga harus kita maksimalkan instalasi kita untuk memback up kebutuhan warga,” ungkap Asdar.
Dihubungi terpisa,h Kepala Instalasi 4 Maccini Sombala, Ardiansyah, mengatakan,  selama 2 bulan ini produksi sempat menurun karena adanya perbaikan untuk peningkatan kapasitas produksi, sehingga beberapa kawasan perumahan di sekitar Tanjung dan Barombong mengalami gangguan,
“Alhamdulillah, sekarang sudah selesai dan kita sudah dapat mengalirkan secara normal dan produksi air juga sudah meningkat. Kami juga berterimakasih kepada semua rekan di bagian dan wilayah terkait yang membantu memberikan pemahaman kepada masyarakat yang mengeluhkan tekanan air yang menurun,” ucap Ardiansyah.
Sebagaimana diketahui bahwa Instalasi 4 Maccini Sombala yang terletak di jalan Abdul Kadir, merupakan Instalasi Utama yang menyuplai air bersih di kawasan Barat Kota antara lain daerah Cendrawasih, Abdul Kadir, Rajawali, Seluruh Kawasan Tanjung Bunga, Barombong sampai Utara Kota sekitar Satando, Yos Sudarso dan Ujung Tanah. (andi esse)