Gelar Turnamen Sepak Bola Usia Dini,  Ketua KBPP Polri Evita Nursanti: Diikuti 96 Tim dari Seluruh Indonesia

Ketua KBPP Polri, Evita Nursanti. (Ist)
menitindonesia, JAKARTA – Keluarga Besar Putra Putri (KBPP) Polri, menggelar turnamen sepak bola usia dini “KBPP Polri Cup”, yang akan dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat, pada tanggal 10-13 Agustus 2022.
Turnamen final nasional yang merupakan ajang pembibitan Timnas Pelajar dengan kategori usia 10-13 tahun (U10,U11,U12 dan U13) dilaksanakan di lapangan Arcamanik dan Lapangan Lodaya, Bandung.
Ketua KBPP Polri, Dr Evita Nursanti MSc, mengatakan, Dream Come True (DCT) KBPP Polri Cup adalah turnamen sepakbola berjenjang yang dilaksanakan reguler setiap tahun dan mulai dilaksanakan di Indonesia sejak tahun 2017.
“Turnamen ini dilaksanakan secara berjenjang, dan turnamen di Bandung ini merupakan Babak Final Nasional yang diikuti 96 tim dari berbagai Provinsi, setelah menyelesaikan seri regional di di 24 provinsi di Indonesia,” Kata Evita Nursanti.
Champion dari final nasional tersebut, kata dia, akan dilanjutkan ke kompetisi seri nasional yaitu DCT KBPP Polri Internasional Cup di Bali, pada tanggal 1-5 Desember 2022.
“Tahun ini Indonesia ditunjuk jadi tuan rumah penyelenggara turnamen DCT Cup Soccer league worldwide, sebagaimana pernah juga diselenggarakan di China, Thailand, Australia, Hongkong dan beberapa anggota lainnya,” ungkapnya.
Dr Evita Nursanti, menambahkan, Turnamen ini sekaligus adalah wadah pembibitan sepakbola melalui kompetisi berjenjang usia dini dan remaja dari tingkat provinsi, nasional sampai ke internasional.
“KBPP Polri memiliki peran kongkrit dalam membantu pemerintah berkontribusi dalam upaya pembibitan pesepakbola nasional,” ucapnya.
Lebih lanjut, menurut Evita, DCT KBPP Polri Cup ini, menggalakkan pembibitan sepakbola sejak usia dini dan remaja sekaligus pengenalan kearifan budaya lokal serta sport tourism, mendukung instruksi Presiden RI no 3/2019 tentang percepatan pembangunan pesepakbolaan nasional, dan juga telah sesuai dengan rekomendasi pelaksanaan kegiatan dari satgas Covid-19.
Selain itu, DR. Evita Nursanti juga menjelaskan, KBPP Polri Cup juga merupakan wujud implementasi pilar pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang unggul dan berprestasi melalui pembinaan sejak dini dan pilar penguatan hubungan dengan Polri, Pemerintah dan Publik.
Seri regional sendiri, ungkap Ervita, akan diadakan Januari sampai Juli 2022 di 24 Provinsi. “Kejuaraan ini diadakan dengan meriahdan suasana hiburan serta kearifan lokal dengan kampanye gerakan ‘Olahraga Yes Narkoba No!'”, ujarnya.
Diketahui, Kementrian Kesehatan RI, Kementrian PMK, Kementrian Pemuda dan Olahraga, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kemendagri, Kemenparekaf, dan PSSI mendukung penuh kegiatan tersebut. (syukri eke)