Tinjau Pelayanan Kesehatan di Bone, Gubernur Andi Sudirman Fasilitasi Anak Operasi Bibir Sumbing

Gubernur Sulsel Andi Sudirman meninjau layanan kesehatan di Puskesmas Ponre, Bone. (Foto: Ist)
menitindonesia, BONE – Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, meninjau setiap titik pelayanan kesehatan dalam bakti sosial yang digelar di lapangan Bakunge, Desa Mappesangka, Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone, Sabtu (13/8/2022).
Baksos ini diselenggarakan kerjasama antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, IKA Unhas dan KKN Profesi Kesehatan Masyarakat Unhas.
Salah satunya yang ditinjau pemeriksaan celah bibir dan langit-langit di Puskesmas Ponre.
Saat meninjau pelayanan di sana, beberapa anak didampingi orang tua melakukan pemeriksaan.
Andi Sudirman pun sempat berbincang dengan orang tua anak. Melihat kondisi anak yang mengalami bibir sumbing, lantas menginstruksikan Dinas Kesehatan Sulsel agar dapat ditangani segera dengan operasi.
“Kita mau setelah ada pemeriksaan, discreening yang mana bisa dilakukan operasi. Bawa ke rumah sakit Pemprov untuk dioperasi, tidak usah bayar apa-apa,” kata Andi Sudirman.
Mendengar kabar baik dari Gubernur Susel itu, salah seorang ibu, bernama Nitalia, merasa terharu dan menyampaikan rasa syukurnya dengan mata berkaca-kaca mendengar kabar bahagia dari Gubernur termuda di Indonesia itu. Anaknya yang berusia 2 tahun, bernama Ahmad Fauzan.
“Alhamdulillah, bersyukur sekali. Anakku bisa dioperasi (celah bibir), tanpa biaya. Terima kasih pak Gubernur,” kata warga Desa Binuang, Kecamatan Libureng, Kabupaten Bone ini.
Diketahui, dalam baksos ini sejumlah layanan pemeriksaan kesehatan, diantaranya pemeriksaan katarak, pemeriksaan celah bibir dan langit-langit, pemeriksaan kesehatan umum, pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, refreshing kader untuk pencegahan stunting, sunat massal, pemeriksaan ibu hamil, deteksi dini kejiwaan, pemeriksaan postur, donor darah, bilik asi, pojok PAUD. (andi esse)