Keuntungan Liburan Murah Meriah ala Ransel

Liburan Murah Meriah ala Ransel
menitindonesia, BERLIBUR  pasti menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Sebab, Anda bisa terbebas dari kesibukan dan padatnya rutinitas, meluangkan waktu untuk relaksasi dan lebih dekat dengan keluarga tanpa ada kendala pekerjaan. Meski begitu, liburan bagi sebagian orang juga jadi waktu terbaik untuk memanjakan diri. Dalam hal ini, mungkin Anda pernah mendengar istilah liburan murah ala ransel alias backpacker.
Lalu, apa itu liburan ala ransel? Mudahnya, Anda bepergian atau berlibur ke suatu destinasi tanpa memerlukan banyak uang. Cukup membawa tas ransel dan Anda bisa pergi ke mana pun sesuai dengan keinginan. Pastinya sangat seru, bukan? Apalagi, sekarang banyak sekali penawaran tiket pesawat murah yang semakin membuat perjalanan Anda jadi lebih nyaman.
Ternyata, ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan liburan murah meriah ala ransel. Berikut beberapa di antaranya:

1. Tidak Terikat dengan Waktu
Kalau Anda melakukan liburan murah melalui agen perjalanan, pastinya ada rencana dan jadwal yang telah teratur dan harus Anda ikuti. Rencana ini tak jarang membuat Anda harus bangun pagi, melewatkan sarapan, bahkan tidak menikmati waktu saat berada di destinasi. Pasti sangat tidak nyaman, ya?
Namun, apabila bepergian sendiri, tentunya Anda lebih leluasa dalam menentukan waktu berangkat, destinasi wisata tujuan, dan berapa lama Anda akan berada di satu tempat. Menariknya lagi, Anda bisa segera berpindah ke destinasi lain apabila tempat tujuan tak seperti harapan. Pastinya, Anda tidak perlu bangun dan sarapan terburu-buru.

2. Biaya yang Lebih Terjangkau
Kerap kali, liburan ala ransel tidak harus menginap di hotel atau akomodasi lain yang mewah dan berkelas. Bisa dibilang, akomodasi bujet jadi pilihan paling tepat sebagai tempat istirahat, seperti homestay atau hostel. Sebagian besar wisatawan ala backpacker beranggapan bahwa penginapan hanya dipakai untuk beristirahat sementara waktu. Alhasil, tidak perlu terlalu mahal harganya.

3. Dapat Mencicipi Aneka Kuliner Lokal
Berkunjung ke suatu destinasi pastinya tidak sempurna tanpa mencicipi rasa kuliner lokal. Inilah keuntungan berikutnya yang dapat Anda peroleh saat memilih wisata murah meriah ala ransel. Anda bisa secara leluasa mencoba aneka masakan loka dengan rasa lezat dan pastinya harganya lebih murah. Ada camilan, minuman tradisional, sampai berbagai makanan utama.

4. Dapat Bersosialisasi dengan Banyak Orang
Berkunjung ke suatu daerah seharusnya tak sekadar menghabiskan waktu untuk datang ke tempat wisata. Pastinya, lebih berkesan lagi kalau Anda dapat bersosialisasi dengan banyak orang, terutama penduduk setempat. Anda bisa belajar budaya lokal secara langsung, berinteraksi secara langsung, dan tak jarang bertemu dengan wisatawan lain.

5. Menjelajah Tempat Baru
Tak ketinggalan, Anda juga dapat menjelajah tempat baru yang bisa jadi belum pernah Anda tuju sebelumnya. Bahkan, bukan tidak mungkin Anda dapat menemukan destinasi wisata yang belum dikunjungi wisatawan lain alias hidden gem. Bisa jadi pantai dengan pasir putihnya, wisata air terjun yang segar, hingga gunung dan bukit yang menawarkan pemandangan alam super indah dan eksotis.

Tips Liburan Murah ala Ransel

Banyak sekali bukan keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan berlibur murah meriah? Namun, jangan lupa untuk memperhatikan beberapa tips liburan ala ransel ini sebelum memulai perjalanan Anda:
Pilih Alat Transportasi yang Sesuai
Transportasi tentu menjadi satu pertimbangan yang sangat penting. Sebab, Anda akan menghabiskan sebagian besar biaya liburan untuk hal ini. Termasuk tiket perjalanan dan transportasi selama Anda berada di destinasi tujuan. Sebaiknya, pilih moda transportasi yang harganya paling terjangkau. Jika memang memungkinkan, Anda bisa berjalan kaki ke destinasi wisata terdekat.
Cari Informasi Sebanyak Mungkin
Selanjutnya, jangan sampai lupa untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai destinasi yang Anda tuju. Apakah terdapat hotel bujet? Apakah tersedia moda transportasi umum? Bagaimana aksesnya ke tempat wisata? Tak lupa, bagaimana keamanannya apabila Anda hendak pergi liburan seorang diri? Serta berbagai tips dan informasi lain yang pastinya akan membuat liburan Anda aman dan nyaman.
Tidak Bawa Barang Berlebihan
Karena hanya membawa tas ransel, Anda sebaiknya tidak membawa barang terlalu banyak. Usahakan bawa barang penting Anda dan pakaian secukupnya. Jangan lupa juga, bawa dompet beserta kartu identitas dan uang tunai secukupnya. Simpan dalam tempat yang terpisah sehingga Anda tidak mengalami kesulitan ketika harus mengambilnya.
Tentukan Anggaran
Terakhir, tentukan anggaran liburan yang hendak Anda gunakan. Meski liburan murah, bukan berarti Anda tidak menentukan berapa biaya yang dikeluarkan nantinya. Jika perlu, buat catatan secara detail, termasuk ongkos tiket, transportasi, penginapan, dan makan. Jangan lupa, buat catatan setiap pengeluaran Anda selama berlibur, sehingga Anda bisa menentukan apakah telah mengeluarkan uang lebih atau belum.

Liburan ala ransel yang murah akan sangat berkesan apabila Anda menyusun rencana perjalanan sebaik mungkin. Selamat liburan! (adv)