Respon Pengaduan Yang Viral di Sosmed, Dirut PDAM Makassar Langsung Temui Pengadu

Dirut PDAM Makassar Beni Iskandar, malam tadi menemui warga yang viral Sosmed karena tidak dapat air bersih di Sosmed. (Foto: Ist)
menitindonesia, MAKASSAR – Perumda Air Minum (PDAM) Kota Makassar semakin terbuka terhadap semua pengaduan dan kritikan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan. PDAM Kota Makassar membuka diri dengan menyediakan saluran informasi melalui sosial media.
Ini terbukti, pelanggan makin bebas menyampaikan keluh kesahnya dan berbagai masalah terkait pelayanan langsung melalui Sosial Media (Sosmed) PDAM Makassar.
Salah satunya adalah pengaduan warga atau pelanggan inisial WHD, yang tinggal di Jalan Galangan Kapal, Kelurahan Buloa, Makassar. WHD mengeluhkan, di rumahnya, suplai air berhenti. “Saya baru saja ke luar kota beberapa hari, setelah kembali, air tidak mengalir di rumah saya. Menurut tetangga, sudah beberapa hari suplai air memang tidak mengalir ke daerah kami,” kata WHD.
Mendapat informasi ini, Direktur Utama PDAM Kota Makassar, Beni Iskandar, langsung mengajak seluruh jajarannya yang terkait bersama-sama ke lokasi untuk mengecek keluhan WHD.
“Saya malam ini langsung turun ke lokasi dan memanggil semua petugas saya, mulai dari pejabat terkait dan staf tehnik, untuk meninjau dan menemui warga yang mengadu sekaligus untuk membuktikan kebenaran informasinya,” ungkap Beni saat ditemui di lapangan, Selasa (27/9/2022), jelang tengah malam.
Setelah tiba di lokasi dan berkomunikasi langsung dengan pengadu dan masyarakat setempat, memang beberapa hari ini, air di wilayah mereka tidak mengalir. Memang, peristiwa ini sengaja mereka unggah ke sosial media supaya cepat mendapat perhatian.
“Jadi pelanggan ini sengaja menyampaikan di media sosial agar semua pihak memberi atensi karena warga sudah sangat kekurangan air,” ujar Beni.
Berdasarkan informasi yang diterima dari laporan petugas di lapangan, bahwa kejadian ini diakibatkan adanya pekerjaan pemindahan jalur pipa diameter 200mm akibat terkena jalur pemasangan tiang pancang jalan Tol New port.
“Pengaruhnya karena ada pipa kena jalur tiang pancang, jadi kami pindahkan, inilah yang buat air tidak mengalir selama beberapa hari,” ujar petugas teknik PDAM ini.
Dia pun menyampaikan, malam itu juga, pihaknya akan memaksimalkan pengerjaan dan mengupayakan air segera mengalir kembali ke rumah-rumah warga di Jalan Galangan Kapal itu.
“Kami jamin malam ini, semua akan terkoneksi dan pemindahan akan diselesaikan, jadi ini misinformasi saja, dan juga selama air tidak mengalir kami tetap mengantarkan air melalui mobil tangki gratis,” tandasnya. (andi esse)