Rudianto Lallo Bareng Aktivis 98 Hadiri Jalan Santai Reformasi Memanggil di Gedung DPR RI

Aktivis 98 Pius Lustrilanang dan Rudianto Lallo. (ist)
menitindonesia, JAKARTA – Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo bersama Aktivis 98 Makassar, Sawaludin Arief dan Yasidin serta Sekretaris Umum IKA Unhas Makassar Faizal Baso, menghadiri Jalan Sehat 25 Tahun Reformasi bertema “Reformasi Memanggil” di Lapangan DPR RI, Jakarta, Minggu (21/5/2023).
BACA JUGA:
Jalan Sehat 25 Tahun Reformasi Dihadiri 25 Ribu Peserta, Pius Lustrilanang: Reformasi Mengajarkan Kita Keberagaman
Diperkirakan, sebanyak ribuan masyarakat dari berbagai daerah dan provinsi menghadiri acara yang diselenggarakan Yayasan Aliansi Demokrasi Rakyat (Aldera) itu dan antusias menggelorakan reformasi.
BACA JUGA:
Isradi Zaenal Jadi Ketua IKA Unhas Kaltim, Begini Pesan Titipan Andi Amran Sulaiman
Jalan Santai Reformasi memanggil yang digagas oleh Pius Lustrilanang tersebut, diawali dengan jalan sehat oleh para peserta yang mulai berdatangan sejak pukul 05.00 WIB.
Rudianto Lallo, saat ditemui jurnalis media ini di lapangan DPR RI, mengatakan, kedatangannya bersama Aktivis 98 Makassar untuk kembali menggelorakan gerakan reformasi yang kini telah seperempat abad usianya itu.
Ketua Yayasan Anak Rakyat Indonesia (YARI) itu, mengungkapkan bahwa kedatangannya, selain ikut menggelorakan semangat reformasi pada momentum seperempat abad usia reformasi.
“Sekitar 75% rakyat mendukung reformasi tetap dilaksanakan secara konsisten, sehingga momentum 25 tahun reformasi ini semangatnya harus kembali digelorakan,” kata Rudianto Lallo didampingi dua rekannya, Sawaluddin dan Yasidin.
Lebih lanjut, dia menyebut bahwa kondisi saat ini memerlukan perubahan, karena semangat reformasi sudah mulai pudar, ketidakadilan semakin merajalela dan penegakan hukum terkesan tebang pilih.
“Generasi sekarang harus menuntaskan agenda reformasi yang sudah berjalan seperempat abad, reformasi telah melahirkan generasi yang sama sekali tidak pernah mengalami transisi dari era Orde Baru ke Orde Reformasi pada 21 Mei 1998. Harus kita akui, selama 25 tahun ini, kita telah mengubah banyak hal di negeri ini,” ujar Rudianto Lallo.
Selain itu, Rudianto mengungkapkan, YARI juga akan menggelar kegiatan yang sama di Makassar pada tanggal 28 Mei 2023, dan sekaligus mengundang Pius Lustrilanang iktu berjalan sehat dengan warga Makassar.
“Agar semangat reformasi juga menggema di Makassar, YARI juga akan menggelar kegiatan yang sama sekaligus menyampaikan terima kasih kepada para pejuang reformasi yang telah mengubah bangsa ini,” ungkapnya.
Untuk memeriahkan peringatan seperempat abad reformasi di Makassar nanti, ungkap Rudianto Lallo, YARI bekerjasama dengan Aldera akan membagikan doorprise dua unit mobil dan dua unit kendaraan sera berbagai hadiah menarik lainnya.
“Jalan santai yang akan kami gelar nanti, sama dengan jalan santai hari ini, sebagai generasi yang menikmati hasil reformasi, kami ingin berterima kasih kepada para pejuang reformasi,” terangnya.
Sementara itu, Aktivis 98 di Makassar, Yasidin, menyampaikan terima kasih karena telah diajak untuk mengenang masa perjuangan reformasi.
“Suasana jalan santai yang dimulai di DPR RI ini, mengingatkan kita peristiwa 25 tahun silam, saat Gedung ini dikepung ratusan ribu mahasiswa,” tandasnya. (andi endeng)