Hari Yoga Internasional ke-9 di Makassar, Dispora: Wujudkan Kesehatan Mental Masyarakat

menitindonesia, MAKASSAR — Pemkot Makassar dan Konsulat Jenderal India bersama-sama menyelenggarakan peringatan Hari Yoga Internasional di Anjungan Pantai Losari, Sabtu, (24/6/2023).
Peringatan itu dibuat dalam bentuk pelatihan Yoga bagi masyarakat Makassar secara gratis. Apalagi salah satu manfaat Yoga ini ialah mewujudkan kesehatan mental.
Hal itu sejalan dengan visi-misi Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto dan juga baru-baru ini isu kesehatan mental menjadi pembicaraan dunia.
Kabid Pemberdayaan Pemuda Dispora Makassar Muh Dasysyara Dahyar mengatakan selebrasi Hari Yoga Internasional ini memiliki relasi yang kuat dengan program kesehatan dan olahraga Pemkot Makassar.
Ditambah lagi, baru-baru ini Wali Kota Makassar tengah membicarakan isu dunia perihal kesehatan mental di Brussels, Belgia.
“Ini memprioritaskan perihal masalah kesehatan mental; mental issue yang mana menjadi concern Pak Wali saat berkunjung ke Belgia baru-baru ini,” kata Dasysyara di sela-sela acara Konferensi Pers 9th Hari Internasional Yoga (IDY) di Rujab Wali Kota, Jumat, (23/6/2023).
Dee sapaan akrabnya mengaku senang dapat berkolaborasi dengan Konjen India, apalagi ini merupakan peringatan kali kedua setelah 2019, lalu.
“Memang Makassar termasuk yang paling cepat merespons penyelenggaraan ini. Jadi itulah kenapa hari Yoga Internasional kembali diadakan di sini,” akunya.
Ke depannya, pihaknya bertekad untuk bekerjasama dengan Konjen India lagi agar dapat memberikan dampak positif melalui program kesehatan kepada masyarakat.
Jika animo masyarakat tinggi, maka lanjut dia, tidak menutup kemungkinan dapat menjadi program kesehatan bagi masyarakat.
Konsul Jenderal India Neeharika Singh mengatakan pihaknya mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan dukungan dari Pemkot Makassar.
Perihal mengapa Makassar terpilih kembali, dia katakan bahwa perkembangan atau respons Yoga di Makassar begitu positif.
Makanya dengan senang hati menyelggaranannya. Pun, jelas dia, Pemkot Makassar sangat peduli terhadap kesehatan masyarakat sehingga event ini menjadi kolaborasi bersama.
“Manfaat Yoga ini telah mendunia. Jadi kami mengajak semuanya hadir dan berpartisipasi dan memotivasi masyarakat Makassar untuk beryoga,” ajaknya.
Direktur Pusat Kebudayaan Swami Viveka Nanda, Naveen Meghwal mengatakan pihaknya ingin menyebarkan pesan bahwa Yoga itu tidak sulit dan bersifat universal untuk semua kalangan tanpa memandang umur, ras, agama dan sebagainya.
Dan gagasan dalam peringatan Hari Yoga Internasional, tekan dia, makin membuat orang sadar tentang kesehatannya dan membuat mental dan emosionalnya sehat.
Apalagi pascacovid, manfaat Yoga sangat dirasakan masyarakat dan kesadaran melakukan Yoga meningkat.
“Seorang biasanya lebih cenderung menggunakan otak kirinya dan seorang lainnya cenderung menggunakan otak kanannya. Tetapi Yoga akan menyeimbangkan keduanya. Sehingga dia merasa tenang, senang dan damai,” jelasnya.
Dalam latihan Yoga besok, ia menuturkan, dirinya akan memperagakan postur Yoga yang simpel dan sesi meditasi untuk relaksasi.
Peringatan Yoga ini akan berlangsung, besok, Sabtu 24 Juni pukul 17.00 Wita di Anjungan Pantai Losari.
Mereka menargetkan sekira 500 peserta yang bakal hadir. Jumlah ini lebih banyak dibanding 2019 lalu yang mencapai 200 peserta. (*)