Dispora Makassar Bekali Pemuda Lorong Kemampuan Khusus

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Makassar Andi Patiware mewakili Wali Kota Makassar membuka Pelatihan Wirausaha Pemuda Lorong Angkatan kedua di Hotel Aerotel Smile, Selasa (8/8/2023).
menitindonesia, MAKASSAR — Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Makassar Andi Patiware mewakili Wali Kota Makassar membuka Pelatihan Wirausaha Pemuda Lorong Angkatan kedua di Hotel Aerotel Smile, Selasa (8/8/2023).
Agenda ini bentuk dukungan realisasi visi dan misi Danny-Fatma bagi Pemuda.
Andi Patiware menjelaskan, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mencanangkan 10 ribu training skill secara gratis untuk mendukung program 100 ribu peluang kerja dan peluang bisnis baru bagi pemuda.
Sasaran program tersebut khusus bagi mereka atau pemuda bermukim di lorong-lorong.
“Kami selaku OPD penyedia training skill mendukung program bapak walikota. Nah, dengan adanya workshop ini kita harap peserta mengikuti dan menyimak penjelasan narasumber sehingga ada peningkatan kapasitas mereka,” ujar Andi Patiware, Selasa (8/8).
Dia menjelaskan peserta yang hadir merupakan perwakilan pemuda Kota Makassar. Tujuannya, mereka siap masuk ke dunia kerja dengan keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Bukan hanya, peserta juga diharapkan menjadi pioner untuk membuka lapangan pekerjaan.
“Sehingga, ada peningkatan Wirausaha Pemuda di Kota Makassar,” tegasnya.
Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Kepemudaan Dispora Makassar Muhammad Dasysyara Dahyar menjelaskan pelaksanaan Pelatihan Wirausaha Pemuda Lorong Angkatan II tahun 2023 ini upaya mengenali potensi diri guna membangun peluang kewirausahaan pada lingkungan lorong tempat tinggal.
Selain itu, menunjang pemahaman dan pengetahuan pemuda pada potensi diri dan peluang kewirausahaan di masa depan serta untuk mendapatkan keterampilan dan kemampuan yang memadai untuk digunakan pada bidang yang mereka geluti saat ini.
“Program pemberdayaan pemuda ini dilaksanakan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada pemuda dalam mengembangkan wirausaha,” jelas Dee–sapaan akrabnya.
Pengetahuan dan keterampilan yang diberikan setelah pemuda tersebut sadar akan pentingnya berwirausaha, kata dia, sehingga mereka memiliki motivasi dan sikap mental untuk berwirausaha dengan mengembangkan ide-ide usaha yang ada.
Terkait dasar pelaksanaan, sambung Dee, yaitu Undang-Undang nomor 40 tahun 2009 tentang kepemudaan. Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga No. 32 tahun 2016 tentang sentra pemberdayaan pemuda Peraturan Daerah Nomor 6 tahun 2019 tentang kepemudaan.
“Tujuan dilaksanakannya Pelatihan Wirausaha Pemuda Lorong Angkatan II adalah Meningkatkan pengetahuan dan wawasan kewirausahaan dengan membekali keterampilan hidup (life skills) untuk meningkatkan pendapatan ekonomi di lorong sesuai dengan minat, bakat, kemampuan, dan sumber daya yang tersedia di lorong,” ucapnya.
Peserta Tahun 2023 terdiri dari 200 orang yang terpilih setelah melakukan registrasi online melalui link yang telah di publikasikan pada instagram dispora dan perwakilan dari kecamatan. Agenda ini dilaksanakan 8-12 Agustus 2023. (*)