Lorong Wisata Antar Pemkot Makassar Raih Indonesia Awards 2023, Ini Kata Danny

Program yang diinisiasi Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto berhasil menghantarkan Pemkot Makassar meraih banyak penghargaan.
menitindonesia, JAKARTA – Inovasi Lorong Wisata yang menjadi program unggulan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar semakin diakui di Indonesia.
Terbukti, program yang diinisiasi Wali Kota Moh Ramdhan Pomanto itu berhasil menghantarkan Pemkot Makassar meraih banyak penghargaan.
Salah satunya Indonesia Awards 2023 kategori Outstanding Award For Intergrated Initiative untuk Program Lorong Wisata.
Penghargaan itu diterima langsung Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto dalam acara Indonesia Awards 2023 yang diselenggarakan INews Media Grup di Jakarta Concert Hall INews Tower, Kamis (31/8/2023) malam.
Wali Kota Makassar Danny Pomanto merasa bangga inovasi program Lorong Wisata terus mendapat apresiasi dari berbagai pihak.
Danny Pomanto menyebutkan program Lorong Wisata adalah multi inovasi Pemkot Makassar dalam menjawab semua permasalahan yang ada di kota.
Contohnya, masalah pengentasan kemiskinan yang menyasar masyarakat Lorong Wisata. Pun program ini bertujuan untuk ekonomi sirkular dan ketahanan pangan sebuah kota.
Sebab melalui program Lorong Wisata, Pemkot Makassar terus berupaya memulihkan ekonomi berbasis masyarakat. Yang mana menurutnya, lorong merupakan sel kota, sel ekonomi, dan sel sosial.
“Jadi lorong-lorong yang tadinya tidak tertata itu kita jadikan lorong yang bikin tertarik untuk dikunjungi orang, dan itu memberikan dampak ekonomi yang baik untuk masyarakat sekitar,” kata Wali Kota Danny Pomanto usai menerima penghargaan.
Kata dia, Pemkot Makassar mempunyai banyak program. Bahkan ia menargetkan 100 inovasi dari seluruh OPD setiap tahunnya. Salah satunya adalah program Lorong Wisata.
Program multi inovasi memuat 21 konten. Mulai food security, inflation control, circular economy, 20 UMKM digital per lorong, startup lorong, destinasi wisata makan enak, destinasi wisata sejarah dan seni.
Digital waste bank, community empowerment, public engagement, social cohesion, social mitigation, social share & care, 20 new jobs & new business opportunity.
Selanjutnya, city farming, city garden, net zero carbon city, healthy alleys, sombere and smart city, public safety, dan resilient city.
“Lorong Wisata ini adalah kemasan, isinya itu yang 21 inovasi,” paparnya.
Menurut Danny Pomanto penganugerahan ini luar biasa sebab Indonesia Awards merupakan salah satu penghargaan bergengsi di Indonesia.
“Tentunya ini memacu dan memicu pemerintah daerah untuk terus memberikan inovasi bagi masyarakatnya, juga memberikan dampak dan manfaat bagi sebuah pemerintahan dengan sebuah terobosan-trobosan baru,” tutupnya.
Malam penganugerahan Indonesia Awards 2023 ini juga dirangkaikan dengan Launching Inews Media Grup dan dihadiri empat menteri.
Diantaranya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri BUMN Erick Tohir, Kementreian PAN-RB Abdullah Azwar Anas, Kementerian Perhubungan Budi Karya Sumadi. (*)