Partai Pengusung Ganjar Pranowo Persilahkan Demokrat Segera Gabung

Foto Ilustrasi: Puan Maharani dan Oso (Hanura).
menitindonesia, JAKARTA – Cerita tentang Anies Baswedan di Demokrat benar-benar usai. Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), mengatakan, partainya akan berbalik haluan ke koalisi lain setelah mencabut dukungan kepada capres Anies Baswedan di Pilpres 2024.
Partai Demokrat juga telah resmi meninggalkan koalisi perubahan karena merasa telah dikhianati oleh Anies. Setelah meninggalkan koalisi perubahan dan persatuan yang semula digawangi tiga partai, yakni Partai NasDem, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Demokrat, kata AHY, akan menjajaki kerjasama dengan koalisi lain.
BACA JUGA:
Yenny Wahid Ungkap Wasiat Gus Dur: Cak Imin Harus Diganti Jadi Ketum PKB
Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (Oso) dan Ketua DPP PDI-P Puan Maharani, bicara soal peluang Demokrat bergabung ke dalam koalisi pendukung bakal calon presiden (capres) 2024 Ganjar Pranowo. Saat ini diketahui ada empat partai politik yang mendukung Ganjar sebagai capres 2024, yaitu PDIP, Perindo, Hanura dan PPP.
BACA JUGA:
Antisipasi Dampak El-Nino, Danny Pomanto: PU Sudah Bor Lebih 10 Titik Antisipasi Kekeringan di Makassar
Oso mengatakan kemungkinan bergabungnya Partai Demokrat ke koalisi pendukung Ganjar sangat terbuka. “Silahkan jika jika ada partai lain yang ingin bergabung. Kalau Demokrat mau bergabung ya segera saja,” kata Oso di Kantor DPP PDIP, Senin (4/9/2023), kemarin.

Puan: Kerjasama PDI-P dan Demokrat Segera Terjadi

Sebelumnya, Ketua DPP PDI-P, Puan Maharani, mengatakan kemungkinan kerja sama antara PDI-P dan Partai Demokrat bisa terjadi karena Demokrat sudah resmi menyatakan keluar dari koalisi pendukung Anies Baswedan melalui keputusan Rapat Majelis Tinggi Partai Demokrat.
Seperti diketahui, Ketua Umum NasDem Drs. Surya Dharma Paloh atau Surya Paloh memutuskan menduetkan Anies dengan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Demokrat tak dilibatkan, sehingga menarik dukungannya lantaran merasa keputusan itu ditetapkan sepihak oleh Surya.
Puan juga menyebutkan alasan lainnya. Kerja sama dengan Demokrat bisa terhubung karena PDIP siap. Apalagi, menurut Puan, komunikasi antara PDIP dan Demokrat cukup baik.
“(Komunikasi dengan Demokrat) Masih terjalin dan terus terjalin. Tentu saja setelah ini kita akan melakukan silaturahmi untuk menjajaki kemungkinan yang ada,” ujar Puan.
IMG 20230906 WA0010 e1693965034189
Foto: Ketua Umum Partai Demokrat, AHY.

AHY: Demokrat Ubah Haluan Koalisi

Sementara itu, AHY, memastikan partainya akan mengubah haluan. Dia menyatakan Demokrat akan bergabung dengan koalisi lain.
“Demokrat akan berikhtiar untuk bergabung dengan koalisi lain yang memiliki kesamaan cara pandang, visi kebangsaan, dan etika berpolitik,” ujar AHY saat bertemu wartawan di Kantor Demokrat,Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Senin (4/9).
Kemana arah Demokrat berlabuh nanti, kata AHY, masih menunggu keputusan majelis tinggi partai yang akan memutuskan langkah politik selanjutnya. (AE)