Pj Gubernur Bahtiar : Pemerintahan Wajib Terapkan Sistem Informasi Berbasis Elektronik

Foto : Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, Membuka Diskusi Panel Interaktif Implementasi Pelaksanaan Urusan Pemerintahan Umum di Daerah dan Sosialisasi Sistem Informasi Politik dan Pemerintahan Umum yang Diselenggarakan di Four Points Hotel Makassar
menitindonesia, MAKASSAR – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) mempunyai tugas menyelenggarakan fungsi penunjang urusan pemerintahan bidang kesatuan bangsa dan politik.
Diketahui jika Kesbangpol bagian penting dari sistem negara dalam Pemerintahan Indonesia yang melaksanakan fungsi-fungsi urusan pemerintahan umum, yang selalu berupaya melahirkan kebahagiaan lahir batin bagi masyarakat.
Olehnya itu, sebagai Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum), salah satu area perubahan yang digerakkannya adalah membangun sistem informasi di lingkungan Ditjen Polpum Kemendagri yang terkoneksi hingga provinsi dan kabupaten/kota, bahkan ke depan ditargetkan sampai kecamatan.
Hal itu disampaikan Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, membuka Diskusi Panel Interaktif Implementasi Pelaksanaan Urusan Pemerintahan Umum di Daerah dan Sosialisasi Sistem Informasi Politik dan Pemerintahan Umum, yang diselenggarakan di Four Points Hotel Makassar, Selasa (28/11/2023)
“Urusan pemerintahan digerakkan dari tingkat nasional hingga level kecamatan yang menyelenggarakan urusan pemerintahan umum. Itu dilakukan untuk dapat berkomunikasi dengan 38 provinsi dan 514 kabupaten/kota. Sehingga perlu aplikasi yang sama dengan sistem informasi pemerintahan berbasis elektronik. Demikian juga dengan aspirasi masyarakat, banyak disampaikan melalui media elektronik,” jelas Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri ini.
“Sistem pemerintahan berbasis elektronik harus kita lakukan. Dan pada kesempatan ini, selain Sulsel sebagai satu-satunya provinsi yang telah menyiapkan anggaran bantuan untuk Forkopimcam. Itu kami mengapresiasi Kabupaten Lembata dari Nusa Tenggara Timur yang telah menganggarkan sejak dua tahun lalu, agar menjadi contoh daerah lain,” katanya.
Sekedar diketahui dalam kegiatan digelar ini dirangkaikan dengan Penyerahan Bantuan Pemerintah Sarana Penunjang Pelaksanaan Urusan Pemerintahan Umum di Daerah untuk 38 provinsi. Sebanyak 250 peserta dari Kesbangpol seluruh Indonesia hadir di acara ini. (*)