Siap-siap Bagi yang Tidak Lanjut ke SMA/SMK, Pj Gubernur Sulsel Gagas Sekolah Unggulan Terbuka Pertama di Indonesia

Foto : Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin saat Sambutan Kegiatan Dialog Akhir Tahun Upi Show Growth Digital Economic Beyond 2023, di Hotel Claro Makassar
menitindonesia, MAKASSAR – SMP yang tidak bisa lanjut ke SMA atau SMK tak usah kwatir sebab Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menggagas Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) unggulan terbuka pertama di Indonesia. Sekolah ini khusus anak-anak tamatan SMP yang tidak bisa lanjut ke SMA atau SMK.
Hal tersebut disampaikan Bahtiar Baharuddin pada Dialog Akhir Tahun Upi Show Growth Digital Economic Beyond 2023, di Hotel Claro Makassar, Jumat (22/12/2023) Menurut Bahtiar, pemerintah harus menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.
“Saya orang pertama di Indonesia sebagai gubernur yang akan membuka SMK Unggulan Terbuka di Sulsel,” ungkap Bahtiar. SMK Unggulan Terbuka tersebut kata dia, menjadi solusi bagi seluruh lulusan SMP yang belum sempat lanjut SMA atau SMK. Namun, sekolah ini harus didukung fasilitas jaringan internet yang stabil agar muridnya bisa belajar dengan nyaman.
“Ini forum yang sangat keren. Kami di Sulsel sedang menyusun rencana pembangunan sampai 2045. Kita akan melakukan uji publik bagaimana perencanaan anak muda di tahun 2045,” katanya.
Mengelola daerah sebesar Provinsi Sulsel, kata Bahtiar, dari Kabupaten Kepulauan Selayar sampai Luwu Timur, harus melihat apa yang ada di daratan dan di lautnya terlebih dahulu. Untuk itu dirinya fokus tiga sektor yakin pertanian, perikanan dan peternakan.
“Sebagai Gubernur Provinsi Sulsel saya akan mengembangkan Sulsel menjadi daerah yang maju, mandiri dan ekonomi biru. Untuk menuju ekonomi biru maka harus disiapkan pertanian, perikanan dan peternakan. Inilah yang akan mengubah ekonomi masyarakat Sulsel,” ungkapnya. (*)