Ketua DPRD Patarai Amir Apresiasi Capaian PAD Maros 2023: Hasil Kerja Keras Semua OPD Membanggakan

FOTO: Ketua DPRD Maros HA Patarai Amir diprediksi lolos ke DPRD Provinsi Sulsel dari Dapil 6. (ist)
menitindonesia, MAROS – Ketua DPRD Kabupaten Maros HA Patarai Amir menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Maros atas pencapaian pendapatan asli daerah (PAD) tahun 2023 hingga pada angka 98 persen sebelum tutup tahun.
“Ini capaian yang sangat luar biasa. Bahkan Bapenda Maros melampaui target PAD. Yang diberikan Rp176 miliar, yang dicapai Rp196 miliar. Kami atas nama masyarakat Maros, tentu sangat bangga dengan kinerja Bapenda Maros ini,” kata HA Patarai Amir kepada jurnalis media ini di Maros, Minggu (31/12/2023).
BACA JUGA:
Pj Gubernur Bahtiar, Kapolda Andi Rian Djajadi Sebar 8000 Ribu Bibit Ikan Nila di Kolam Kampus Biru
Selain itu, Patarai juga menyampaikan, bahwa sepanjang tahun 2023, capaian kinerja Pemda Kabupaten Maros terhadap pembangunan ekonomi sangat positif dan tampak hasilnya, pertumbuhan ekonomi hingga berada pada posisi kedua setelah Kabupaten Bantaeng dan perolehan PAD sesuai target. Ia menyebut kepemimpinan Bupati Maros AS Chaidir Syam dan Wabup Hj Suhartina Bohari memberi efek baik terhadap kemajuan Maros.
“Ini berkat kepemimpinan Pak Chaidir dan Ibu Tina (Suhartina Bohari) yang memberi efek besar kemajuan pada daerah. Hasilnya bisa dilihat, capaian Maros sepanjang 2023,” ujar Legislator Maros tiga periode itu.
BACA JUGA:
Ngopi Bareng Caleg Provinsi Asal Maros, Caleg PAN Ungkap Ada Oknum Anggota DPRD Sulsel Korupsi Bansos
Ia berharap, tahun 2024 nanti, Pemda Kabupaten Maros meningkatkan lagi sumber-sumber PAD di semua sektor, tak hanya di PBB, tapi lebih menggenjot lagi pada Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan sektor pajak lainnya seperti Pajak Mineral Bukan Logam dan Pakai Air Bawah Tanah.
“Sumber pajak kita jelas, aturannya juga jelas, sudah ada UU dan Perdanya yang mengatur soal pajak daerah dan retribusi daerah, sisa pengawasan diperketat, supaya tidak ada yang bocor,” ujarnya.
Mantan Ketua Golkar Maros yang kini bertarung untuk naik ke DPRD Provinsi Sulsel pada Pemilu 2024 mendatang, mengungkapkan, bahwa target PAD Maros yang disepakati dengan DPRD pada tahun 2023 sebesar Rp275 miliar. Pada Bulan November lalu, kata dia, pihaknya mendapat laporan kalau target PAD sudah pada angka Rp266 miliar.
“Ya, jadi kalau kita tutup 2023, PAD Maros capai target, paling tidak hingga di angka 98 persen. Ini sangat luar biasa. Kami bangga, karena pencapaian PAD dirasakan langsung dampaknya ke masyarakat dalam bentuk realisasi program pembangunan,” pungkasnya. (asrul nurdin)