Masya Allah, Pj Gubernur dan Kapolda Sulsel saat di Gowa Jemput Penyandang Disabilitas ke TPS

FOTO : Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin bersama Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian R Djajadi, dan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, Meninjau Pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Gowa
menitindonesia, GOWA – Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin bersama Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian R Djajadi, dan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, meninjau pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Gowa, Rabu (14/2/2024) Salah satunya di TPS 07, Kelurahan Pandang-pandang, Kecamatan Somba Opu, yang terletak di Jalan Sultan Hasanuddin Lorong Tamaranca.
Terdapat tiga penyandang disabilitas di TPS ini. Penjabat Gubernur Bahtiar Baharuddin dan Kapolda Sulsel serta Bupati Gowa yang tiba pukul 12.06 WITA langsung menjemput pemilih disabilitas tuna daksa yang rumahnya tidak jauh dari TPS.
“Memang ada beberapa tempat, salah satunya di Gowa kebetulan kami ke TPS 07, rupanya ada pemilih dalam kondisi disabilitas. Oleh karena itu, bersama Forkopimda dipimpin Bapak Pj Gubernur kami berkunjung sekaligus membantu proses warga disabilitas agar bisa lancar ke TPS menyalurkan hak suaranya,” ucap Kapolda Sulsel, Andi Rian.
Kemudian mereka menemui salah satu pemilih yang mengalami kondisi stroke.”Petugas KPPS sudah mendahului untuk dibantu proses pemungutan suaranya di rumah bersangkutan,” ujarnya.
Rahmat, pemilih disabilitas merasa bahagia ditemui di rumahnya langsung dan menanyakan kondisinya kemudian diantar ke TPS.”Alhamdulillah terima kasih dijemput Pak Gubernur dan Pak Kapolda saya merasa berterima kasih,” katanya.
Rahmat mengaku senang dapat menyampaikan aspirasinya dengan memilih. “Alhamdulillah saya bersyukur bisa menggunakan hak pilih saya. Saya dengan kakak yang juga disabilitas,” tuturnya. Rahmat yang sehari-hari berjualan pulsa operator selular dengan menggunakan kursi roda ini mengaku mendapat kemudahan dari petugas Pemilu.
“Teman-teman PPDI (Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia) kami diberikan kemudahan oleh petugas sesuai kondisinya. Ada tuna daksa, tuna netra, ada yang datang petugasnya. Kalau ada yang tidak bisa sama sekali, petugasnya yang datang menjemput,” jelasnya.
Sementara, Petugas PPS mengaku sudah melakukan persiapan sejak semalam. “Kami sudah persiapan sejak semalam, sampai saat ini dan kedatangan Pak Gubernur memberikan semangat bagi kami teman-teman petugas,” kata Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Pandang-pandang, Linda Tahir.
Di TPS ini, jumlah DPT sebanyak 281. Tiga orang warga masuk kategori disabilitas.”Di sini DPTnya 281 pemilih, disabilitasnya tiga orang dan akan kami permudah untuk pencoblosannya setelah jam 12,” jelasnya. Bahtiar juga meninjau titik lainnya di TPS 18 Kelurahan Pandang-pandang. Ia bersama Kapolda Sulsel disambut dengan Angngaru.(*)