Danny Pomanto Wujudkan Janji, Stadion Sudiang Standar FIFA Segera Dibangun, Menteri PUPR: Bulan November Mulai Dikerjakan Fisiknya

FOTO: Danny Pomanto
menitindonesia, MAKASSAR – Keinginan masyarakat Sulsel untuk memiliki stadion bertaraf internasional, segera terwujud. Pemkot Makassar bersama Pemprov Sulsel berhasil mengawal rencana pembangunan Stadion Sepakbola Sudiang dengan standar FIFA.
Diketahui, pembangunan stadion bertaraf internasional itu, akan dimulai pembangunannya pada bulan November 2024 mendatang, melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).
BACA JUGA:
Pj Gubernur Bahtiar Terjun ke Lokasi Bencana Dan Tetapkan Sulsel Tanggap Darurat Banjir
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto atau Danny Pomanto mengatakan, APBD Kota Makassar akan digelontorkan sebesar Rp300 miliar untuk mempercepat proses pembangunan stadion Sudiang ini.
“Kebetulan saya sendiri langsung yang urus ini. Saat ini memang master plan. Untuk APBD Kota Makassar sebesar 300 miliar kita akan gelontorkan dalam pembangunan Stadion Sudiang, ” kata Danny Pomanto, Jumat (3/5/2024).
BACA JUGA:
5 Kabupaten di Sulsel dilanda Banjir Bandang, Pj Gubernur Bahtiar Sampaikan Duka Mendalam
Danny mengungkapkan, desain Stadion Sudiang dibuat oleh pemerintah pusat dengan daya tampung sebanyak 30 ribu penonton. “Kami sedang mengajukan permintaan ke pusat (Kementerian PUPR) agar kapasitasnya ditambah menjadi 50 ribu penonton.” katanya.
Wali Kota yang baru saja dinobatkan salah satu kepala daerah terbaik ini, mengatakan Stadion Sudiang nanti akan sama dengan Stadion Manahan, Solo. “Karena Jateng ada tiga Stadionnya, Solo, Malang dan Jogya, kalau di Makassar kan hanya satu, jadi kapasitasnya kita usulkan ditambah,” ujarnya.
Sementara itu, dikonfirmasi kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, membenarkan rencana pembangunan Stadion Sudiang segera dilakukan tahun ini karena adanya desakan dari Pemkot Makassar.
“Kementerian PUPR akan bangun Stadion Sepakbola Sudiang standart FIFA di Kota Makassar. Penyusunan dokumennya termasuk penyiapan Detail Engineering Disign (DED) kita percepat. Pembangunannya dikerjasamakan dengan Pemkot Makassar dan Pemprov Sulsel. Fisiknya renacannya dikerjakan bulan November nanti secara multiyears contract,” ujar Basuki.
(andi ade zakaria)