Ikuti Arahan Pemerintah Pusat, Bupati Maros Pisahkan Beberapa OPD, 3 Instansi Dinas yang Baru Terbentuk Menunggu Waktu

menitindonesia, MAROS – Beberapa organisasi perangkat daerah (OPD), tidak lagi tergabung. Hal itu dilakukan Pemerintah Kabupaten Maros melalui Bupati, Chaidir Syam berdasarkan arahan Pemerintah Pusat.
“Perpisahan beberapa OPD lingkup Pemkab Maros dilakukan sudah sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat. Arahannya itu kalau Dinas Pemadam Kebakaran harus berdiri sendiri untuk menangani persoalan kebakaran dan bencana,” jelas orang nomor wahid Maros ini saat menghadiri rapat paripurna di Gedung DPRD Maros, Senin (13/5/2024).
Kendati demikian menyebutkan dinas lainnya yaitu Dinas Perhubungan. Dimana, sebelumnya berada di bawah naungan Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang, Perhubungan dan Pertanahan. Itu akan kembali berdiri sendiri sebagai Dinas Perhubungan.
“Jadi dari beberapa dinas dipisahkan dan berdiri sendiri. Itu modal transportasi di Maros semakin kompleks dengan adanya kereta,” ungkapnya. Tidak hanya itu lagi-lagi Chaidir Syam menyebutkan Dinas yang sebelumnya tergabung dalam Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan Ketenagakerjaan juga akan kembali mandiri sebagai Dinas Ketenagakerjaan.
Sementara itu DPRD Maros mengesahkan pada Senin (13/5/2024) untuk mengisi kekosongan OPD dan membuat penganggaran pokok di 2025 dan penyesuaian perbup yang ada. Hal Itu disampaikan Ketua PMI Maros. Kata dia, pemberlakuan tiga OPD baru terbentuk. “Tiga OPD baru terbentuk itu akan dimulai pada tahun depan,” singkat nya. (*)