Rapat Paripurna DPRD Tetapkan Chaidir-Suhartina Pimpin Maros, Masa Jabatan Hatta-Harmil (Hatita) Berakhir

Bupati Maros Ir HM Hatta Rahman bersama Ketua DPRD Maros HA Patarai Amir usai rapat paripurna penetapan bupati maros terpilih. (Foto: indra_menit)
Pilkada selesai – Pemenang Pilkada Maros 2020, pasangan Chaidir Syam-Suhartina Bohari telah resmi ditetapkan sebagai bupati dan wakil bupati terpilih. “Sisah dilantik. Kami mohon pelantikannya diprioritaskan pada 17 Februari 2021,” kata HA Patarai Amir.
menitindonesia, MAROS – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Maros telah mengusulkan pemberhentian HM Hatta Rahman dan H Andi Harmil Mattotorang sebagai Bupati dan wakil Bupati Maros Periode 2016-2021. Usulan pemberhentian ini dibacakan oleh Ketua DPRD Maros HA Patarai Amir pada rapat paripurna, di Gedung DPRD, Jumat (29/1/2021).
“Dengan ini memberhentikan HM Hatta Rahman sebagai Bupati Maros dan HA Harmil Mattotorang sebagai Wakil Bupati Maros periode 2016-2021 karena masa jabatan telah berakhir pada 17 Februari 2021,” kata Patarai.
Usai mengumumkan pemberhentian Hatta Rahman dan Harmil Mattotorang sebagai Bupati dan Wakil Bupati, selanjutnya Patarai mengumumkan usulan pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2021-2026, yakni Chaidir Syam dan Suhartina Bohari.
Usulan Pengangkatan ini didasarkan pada hasil penetapan KPU Maros atas hasil Pilkada 2020, yang menetapkan Chaidir Syam dan Suhartina Bohari terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Maros Periode 2021-2026.
Hasil rapat paripurna penetapan ini, kata Patarai, akan segera disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri melalui Gubernur Sulawesi Selatan. “Hari ini juga surat hasil paripurna akan dikirim ke Gubernur untuk diteruskan ke Kemendagri, karena sudah ditunggu oleh Pemprov,” ujarnya.
Rapat tersebut tidak dihadiri oleh pasangan Harmil Matotorang-Ilham Nadjamuddin dan Pasangan Tajerimin Nur-Havid S Fasha. Yang hadir memenuhi undangan hanya bupati dan wakil bupati terpilih, HAS Chaidir Syam dan Hj Suhartina Bohari. Tidak jelas alasan ketidak hadiran kedua kandidat yang kalah tersebut.
Sementara itu, Hatta dalam sambutannya mengatakan, dirinya telah berusaha semaksimal mungkin berbuat untuk kesejahteraan kabupaten Maros. Meski dirinya mengakui tidak ada hal yang sempurna dalam pemerintahannya.
“Saatnya tongkat estafet kepemimpinan Maros diserahkan ke Bupati dan Wakil Bupati yang baru, saya yakin mereka bisa melanjutkan bahkan berbuat lebih baik dari saya. Keduanya telah kaya pengalaman bahkan sebelumnya mereka di DPRD cukup lama, pengalamannya tentu sangat banyak,” pungkasnya. (Indra Sadli Pratama)


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini