Walikota Makassar Bongkar Praktik Calo Tenaga Kontrak di Pemkot

Walikota Makassar, Danny Pomanto. (Foto: Ist)
menitindonesia, MAKASSAR – Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) tidak main-main akan membersihkan Pemerintah Kota Makassar dari praktik Mafia. Kini, giliran calo tenaga kontrak yang melakukan praktik mafia di Pemkot akan “digebuk”.
“Saya sudah menerima banyak laporan mengenai persoalan tenaga kontrak. Ada calo tenaga kontrak yang coba main-main di Pemkot. Modusnya, dia pegang ATM gaji tenaga kontrak, tujuannya agar bisa langsung memotong honor yang merupakan hak pegawai kontrak,” beber Danny di Makassar, Kamis (25/3/2021).
Danny juga mengungkapkan, bahwa praktik percaloan bagi tenaga kontrak ini, juga terjadi di sejumlah kecamatan. Bahkan, kata dia, pegawai kontrak yang sudah meninggal dan gajinya berjalan, ATM-nya pun masih dipegang calo.
Ia menegaskan, pihaknya akan menyelidiki dan memberantas praktik-praktik percaloan itu. Tak hanya itu, kata Danny, dia mencurigai kemungkinan juga banyak pegawai honor fiktif yang sengaja dimasukkan oleh [para calo dan mafia tenaga kontrak itu.
“Pegawai kontrak yang sudah meninggal tidak dilaporkan ke Pemkot, sehingga honornya tetap dibayarkan dan dinikamti oleh calo yang memegang ATM gaji mereka,” ungkapnya.
“Saya telah memerintahkan inspektorat. agar selidiki ini, kenapa ada orang bisa memegang ATM pegawai kontrak dan langsung memotong honor pegawai di situ, ini tidak benar dan tidak boleh dibiarkan,” ujarnya.
Danny memperkirakan, kejadian ini sudah lama dan belangsung secara massif, dan terjadi hampir di seluruh Kecamatan di lingkup pemerintah Kota Makassar.
Sementara itu, Kepala Inspektorat Kota Makassar, Zainal Ibrahim menegaskan, pihaknya akan mengusut dugaan adanya praktik calon tenaga kontrak yang memegang kartu ATM pegawai honor.
“Pak Walikota sudah memerintahkan untuk mengungkap kasus tersebut. Kita akan periksa semua kondisi tenaga kontrak, meski tahun lalu kita sudah verifikasi, tetapi saat ini sudah masuk audit . Langsung audit supaya kita tau dimana permasalahannya,” tegasnya. (andi ade zakaria)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini