PPKM Level 4 Lanjut Hingga Akhir Agustus, Luhut: Pandemi Covid-19 Masih Panjang, Gaya Hidup Harus Berubah

Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: ist)
menitindonesia, JAKARTA – Menteri Koordiator Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyampaikan hasil keputusan rapat kabinet yang dipimpin Presiden Joko Widodo, terkait evaluasi pelaksanaa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat di Jawa-Bali akan dilakukan dalam setiap pekan dan di luar Jawa-Bali dilakukan dua kali ua pekan sekali.
“Setiap langkah yang diambil pemerintah, tentutnya sudah mempertimbangkan berbagai aspek serta masukan berbagai ahli dalam bidangnya. Penanganan di luar Jawa Bali tentunya tidak bisa serta merta dibandingkan dengan Jawa Bali, tantangan di luar Jawa Bali lebih besar dari tantangan di dalam Jawa Bali. Contohnya dalam hal dukungan infrastruktur kesehatan,” kata Luhut Binsar Pandjaitan melalui keterangannya melalui zoom, Senin (9/8/2021), malam.
Luhut juga menyampaikan, pemerintah akan terus bekerja keras mengendalikan pandemi di seluruh wilayah Indonesia. Dengan struktur penanganan sekarang ini, kata dia, sudah sangat baik karena presiden sendiri yang menjadi panglima paling tinggi dalam penanganan ini.
“Keputusan menunjuk Menko Perekonomian (Airlangga Hartarto) menangani di luar Jawa-Bali dan saya ditunjuk menangani di dalam Jawa Bali, sudah keputusan yang paling tepat,” ucapnya.
Penerapan perpanjangan PPKM Level 4, 3 dan 2 yang dilakukan tanggal 2-9 Agustus di dalam Jawa-Bali, ujar Luhut, menunjukkan hasil yang cukup menggembirakan.
“Dari data yang didapat penurunan telah terjadi 59,6 persen di Jawa-Bali dari puncak kasus yang terjadi tanggal 15 Juli 2021 lalu. Momentum yang cukup baik ini harus tetap dijaga,” ucapnya.
Untuk itu, kata Luhut, atas arahan Presiden, maka PPKM Level 4, 3 dan 2 di Jawa-Bali akan diperpanjang sampai tanggal 16 Agustus 2021, dan untuk di luar Jawa-Bali diperpanjang hingga 23 Agustus 2021.
Dia juga mengingatkan agar masyarakat Indonesia super hati-hati menghadapai pandemi. Karena pandemi ini masih panjang dan akan terjadi beberpa tahun ke depan.
“hasil studi pakar dunia, kasus ini masih akan terjadi beberapa tahun ke depan. Karena itu  gaya hidup kita semua akan berubah, mari kita sama-sama memberikan yang terbaik untuk bangsa ini,” tandasnya. (roma)


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini