FKG Unhas Rencana Buka Pelayanan Dokter Spesialis di Takalar

Tim FKG Unhas bersama Bupati Takalar. (Foto: Ist)
menitindonesia, TAKALAR – Sebagai upaya peningkatan layanan kesehatan bidang gigi dan mulut, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin bersama Pemerintah Kabupaten Takalar melakukan pertemuan dalam rangka membahas rencana pembukaan pelayanan dokter spesialis di Rumah Sakit Umum Daerah H. Padjonga Dg. Ngalle, Kabupaten Takalar.
Dekan FKG Unhas, Prof Muhammad Ruslin, drg., M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K) didampingi Direktur RSGMP Unhas, Andi Tajrin, drg., M.Kes., Sp.BM(K), bertemu dengan Bupati Takalar, di Kantor Bupati takalar, Rabu (01/12/2021)., kemarin.
Dalam kesempatan tersebut, Prof Ruslin menekankan pentingnya kerja sama triple helix antara RSUD Takalar, FKG dan RSGMP Unhas dalam mendorong pelayanan spesialis di Takalar. Daerah ini sangat strategis untuk pengembangan layanan dokter gigi spesialis. Menurut beliau, sudah saatnya Rumah Sakit sebagai fasilitas kesehatan untuk berbenah dan meningkatkan layanan kepada masyarakat.
“FKG Unhas terus mengupayakan kontribusi dalam mendorong peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. Kolaborasi berbagai pihak terus kami lakukan, termasuk dengan pemerintah daerah. Hadirnya pelayanan dokter spesialis gigi tentu akan memberikan dampak positif terhadap layanan kesehatan masyarakat,” kata Prof. Ruslin.
Pada kesempatan yang sama, Direktur RSGMP Unhas, drg. Andi Tajrin menyampaikan bahwa jarak antara Kabupaten Takalar dengan Makassar cukup dekat. Sehingga, sangat memungkinkan untuk para tenaga dan sumber daya Dokter Gigi Spesialis Makassar untuk melakukan praktik di Takalar. Bahkan, menurutnya mampu menjadi pusat rujukan para dokter gigi spesialis konservasi, periodontologi dan bedah mulut – maksilofasial.
Menanggapi hal tersebut, Bupati Takalar H. Syamsari Kitta menyambut baik niat Unhas untuk bersama pemerintah Takalar memberikan pelayanan kesehatan secara optimal kepada masyarakat. Menurutnya, Unhas memiliki SDM berkualitas dari berbagai keilmuan yang dapat membantu Pemerintah untuk mengoptimalkan berbagai peran dan tanggung jawab kepada masyarakat.
Dalam pertemuan tersebut, disepakati bahwa Tim FKG dan RSGMP Unhas akan bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Takalar akan mengadakan bakti sosial operasi bibir sumbing. Hal ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial terhadap pelayanan kesehatan masyarakat. (andi ade zakaria)


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini