Dispora dan KONI Makassar Kolaborasi Gelar Half Maraton Tingkat Internasional

Persiapkan Half maraton tingkat Internasional di Makassar. (Foto: Ist)
menitindonesia, MAKASSAR – Lomba Lari “Half Maraton” tingkat internasional akan digelar di Makassar. Hajatan akbar ini, digelar oleh Di
Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar Berkolaborasi dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Makassar pada hari Minggu, tanggal 2 Oktober 2022, mendatang.
Half Maraton tingkat internasional ini, diklaim sebagai event terbesar pertama yang akan dilaksanakan Dispora Kota Makassar bersama KONI Makassar.
Rencananya, lokasi start dan finis yang memperlombakan tiga kategori jarak tempuh yakni 21 kilometer, 10 kilometer dan 5 kilometer itu, akan digelar di Anjungan Pantai Losari Makassar.
Namun bertepatan dengan kedatangan Presiden RI, Joko Widodo di Kota Makassar maka panitia menggeser lokasi start ke Jalan Somba Opu, Makassar.
Makassar Half maraton yang akan diikuti ribuan peserta nasional dan internasional itu, mengangkat tema ” Makassar Half Maraton, Run and Explore for Indonesia Recovery” dengan total hadiah Rp300 juta.
Sebelumnya, Makassar Half Maraton juga telah melaksanakan training program selama delapan minggu yang disebut dengan Road To Makassar Half Maraton.
Dimana dalam seminggu peserta akan menerima pelatihan Long Run diakhir pekan dan Srengat Training di hari Kamis.
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar, Andi Pattiware menyatakan mensukseskan Makassar Half Maraton, pihaknya telah berkolaborasi dengan KONI Kota Makassar.
“Kami sangat berharap kegiatan ini menjadi tolak ukur terbesar di Indonesia,” kata Andi Pattiware, Selasa (27/09/2022).
Dia menambahkan, bahwa Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto meminta memasifkan kegiatan-kegiatan positif khususnya olahraga.
“Jika Makassar Half Maraton sukses dilaksanakan maka tahun depan akan dilaksanakan yang lebih besar lagi,” katanya.
Sementara itu, Ketua KONI Makassar, Ahmad Susanto, dalam konfrensi persnya, menyampaikan dua hal. Pertama, pembinaan prestasi olahraga yang terpusat di masing-masing cabang olahraganya.
Kedua, kata dia, bagaimana menghadirkan olahraga masyarakat sebagai gaya hidup, sebagai bahagian hidup dari masyarakat.
“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, bisa mewujudkan harapan Wali Kota Makassar dan Kadispora untuk menjadi Makassar city of sport, kotanya olahraga di Indonesia,” kata Ahmad Susanto.
Demi kelancaran Makassar Half Maraton, Dispora Makassar dan KONI Makassar membonceng salah satu race management terbaik di Indonesia yaitu IDEA Run.
IDEA Run melaporkan saat ini sudah ada 3100 peserta yang terdaftar dari target 3500 peserta dimana sekita 30 orang peserta dari luar negeri dengan asal negara berbeda. (andi esse)