Wapres Ma’ruf Amin Yakin Masjid Hajjah Andi Nurhadi Yang Dibangun AAS Akan Jadi Pusat Peradaban Islam

Foto: Wapres Ma'ruf Amin dan Amran Sulaiman pada acara Ground Breaking Masjid Hajjah Andi Nurhadi. (ist)
menitindonesia, MAKASSAR – Wakil Presiden RI, K.H. Ma’ruf Amin, menghadiri groundbreaking pembangunan Masjid Hajjah Andi Nurhadi dan AAS International Hospital di Makassar, Senin (9/10/2023).
Dalam sambutannya, Ma’ruf Amin mengatakan, masjid bisa menjadi pusat untuk mengembangkan kegiatan-kegiatan keagamaan. Sehingga ia mengapresiasi inisiatif founder dari Tiran Gorup, Andi Amran Sulaiman untuk membangun masjid megah yang lengkap dengan berbagai fasilitas yang bisa membawa kemaslahatan bagi masyarakat dan bangsa.
BACA JUGA:
Tegak Lurus Jokowi, Projo Segera Deklarasikan Dukungan Capres Inisial “Mr. P”
“Semua harus harus membantu agar ikhtiar Andi Amran Sulaiman membangun pusat peradaban di Makassar ini bisa terwujud. Ini harus disyukuri, karena pusat peradaban Islam bisa bangkit di Indonesia Timur melalui Masjid Hajjah Andi Nurhadi,” kata Ma’;ruf Amin.
Mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu, menerangkan, bahwa ia pernah mengunjungi Islamic Centre di Uzbekistan. Di sana, kata dia, Islamic Centre menjadi pusat-pusat peradaban Islam. “Saya sempat iri, kapan yah pusat peradaban Islam yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia bisa dibangun,” ujar K.H Ma’ruf Amin.
BACA JUGA:
Mantan Mentan Andi Amran Bangun Masjid Terbesar dan RS Rujukan untuk KTI
Setelah dia datang pada acara groundbreaking ini, kata Ma’ruf, dirinya menjadi yakin bahwa ke depan Masjid Hajjah Andi Nurhadi yang dibangun AAS ini akan menjadi pusat peradaban Islam sekaligus menjadi kebanggaan bangsa. “Saya yakin, tempat yang kita resmikan ini akan jadi pusat peradaban, tidak hanya nasional, tapi juga dunia,” ujarnya.
K.H. Ma’ruf Amin berharap, pembangunan Masjid Hajjah Andi Nurhadi ini berjalan lancar dan selesai tepat waktu. Ia juga meminta semua pihak, termasuk pemerintah kota turut membantu kelancaran pembangunan Masjid dan Rumah Sakit International AAS.

Fasilitas Lengkap Hingga Restoran di Puncak Menara

Sementara itu, di tempat yang sama, founder Tiran Group, Andi Amran Sulaiman (AAS), mengatakan selain Masjid Andi Nurhadi, juga dibangun RS International AAS yang bisa menampung hingga 20 ribu pasien. “Khusus untuk warga tidak mampu, digratiskan berobat jika berotan di rumah sakit ini nanti,” ujar AAS.
Selain itu, juga dibangun fasilitas Plaza UMKM–untuk menopang usaha menengah, kecil dan mikro. Plaza UMKM ini, ujar AAS, akan dijadikan pusat pemberdayaan ekonomi rakyat di Makassar.
Untuk diketahui, Masjid Hajjah Andi Nurhadi ini nanti, juga memiliki berbagai macam fasilitas. Untuk area shalat bagi pria berkapasitas 10 ribu jamaah dan untuk shaf wanita berkapasitas 5.000 jamaah.
Adapun fasilitas Masjid ini nanti yakni terdapat taman pendidikan Al Quran dan perpustakaan. Tinggi menara 171 meter dan di puncaknya terdapat fasilitas sky restaurant deluxe dan observation deck Kota Makassar. (asrul nurdin)