Dicegat Pemotor dan Gedor Mobil Patroli Dinsos Makassar Pakai Batu, Anjal Ditangkap

Foto : Anak Jalanan (Anjal) Terjaring Razia Digelar Dinas Sosial dan Satpol PP Kota Makassar di Simpang Lima Bandara
menitindonesia, MAKASSAR – Dinas Sosial Kota Makassar mengeluarkan imbauan kepada Masyarakat Kota Makassar untuk tidak lagi memberikan uang atau apapun pada Anak Jalanan (Anjal) dan pengemis di jalanan. Dengan perihal demikian dilakukan tentunya anjal dan pengemis berfikir untuk tidak turun lagi meminta-minta ke jalan.
Imbauan itu disampaikan Dinas Sosial Kota Makassar menyusul dengan laporan yang ditindaklanjutinya dan telah mengamankan anak jalanan. Apalagi saat mereka Anak Jalanan (Anjal), diamankan pihaknya mendapat perlakuan tidak nyaman.
Kepala Dinas Sosial, Armin Paera membenarkan peristiwa tersebut. Kata dia, Tim Dinas Sosial dan Satuan Pamong Praja (Satpol PP) mendapat penyerangan oleh pihak orang tua dan keluarga anjal.
“Ketika anjal terjaring razia, tim kami diserang oleh keluarganya. Mereka berusaha melepaskan keluarganya, lantaran mereka diduga melakukan penyerangan sehingga kami laporkan di Mapolsek Biringkanaya untuk menjalani proses hukum lebih lanjut,” kata Armin Paera, Jumat (22/12/2023)
Lebih lanjut Armin menyebutkan, laporannya ditindaklanjuti Polsek Biringkanaya dan kabar yang diterimanya menyebutkan jika pelaku telah tertangkap.”Kami peroleh informasi kalau pelakunya sudah tertangkap. Untuk lebih jelasnya, itu sudah kewenangan pihak kepolisian Polsek Biringkanaya,” cetusnya.
Armin Paera menyampaikan sekaligus mengimbau kepada anak jalanan untuk tidak turun ke jalan sebab perihal demikian tentu pihak Dinas Sosial dan Satpol PP turun melakukan razia. “Kami ingatkan para anjal untuk tidak turun di jalan sebab kami intens turun melakukan penyisiran dan bila tepergok ya pasti diamankan untuk dilakukan pembinaan,” tegasnya.
Sebelumnya Dinas Sosial Kota Makassar pada saat menggelar razia mengamankan salah satu anak jalanan tepatnya di Simpang Lima Bandara, Kecamatan Biringkanaya. Keluarga anjal berusaha melepaskan keluarganya yang diamankan itu.
Mereka keluarga Anjal menunggangi motor Mencegat mobil patroli Dinas Sosial, menyusul salah seorang perempuan yang merupakan ibu dari anjal tersebut dengan menggenggam batu menghampiri mobil Dinas Sosial sembari berkali-kali mengedor mobil operasional tersebut menggunakan batu. Dan meminta anaknya dilepaskan. Dengan kejadian ini pihak Dinas Sosial melayangkan laporan ke Polsek Biringkanaya. (*)